CARA MERAWAT GIGI DI RUMAH

sikat-gigiMerawat gigi dari serangan kuman-kuman berbahaya sebenarnya tidak begitu sulit. Anda tidak perlu setiap waktu mengunjungi dokter gigi hanya untuk membersihkan karang gigi.

Memang sulit jika harus menghindari makan-makan yang dapat meruskan gigi. Sebab mungkin hampir seluruh makanan dapat menjadi penyumbang kerusakan gigi, termasuk sayuran dan buah-buahan.

Namun ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk merawat gigi lebih mudah. Anda jadi bisa menyimpan uang lebih baik karena hanya perlu ke dokter gigi enam bulan sekali untuk memeriksa hasil perawatan sehari-hari.

Cara membuat gigi tetap bersih adalah dengan meminum air atau susu rendah lemak sebelum dan sesudah makan. Anda juga bisa meminum jus lime setiap hari untuk menghindari minuman-minuman manis yang bisa memberi sumbangan lebih besar pada kerusakan gigi.

“Untuk memberikan beberapa petunjuk tentang pilihan sehat, squash bebas gula memiliki potensi erosi, tetapi dengan tingkat asam rendah daripada jus buah mungkin menjadi alternatif yang praktis dan jauh lebih merusak daripada minuman bersoda terutama ketika diencerkan. Susu juga dapat menjadi pilihan yang baik, tapi mungkin tidak cocok untuk minum sepanjang hari,” ujar Profesor Andrew Eder Direktur Klinis London Tooth Wear Centre dikutip dari Femalefirst.

Anda juga perlu membilas mulut dengan air selama 15 hingga 30 detik setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki senyawa asam. Jika tidak, Anda juga bisa menggantinya dengan permen karet bebas gula atau sepotong keju untuk mengganti air.

Setelah makan, jangan pula langsung menyikat gigi, itu justru tidak baik. Tunggu dulu hingga satu jam untuk menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang sesuai usia dan mengandung fluoride. Sedangkan pada waktu lainnya, Anda bisa menggunakan obat kumur berfluoride sebagai pengganti sikat gigi.

 

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi