DELAPAN MANFAAT MATAHARI PAGI

medium_728-manfaat-matahari-pagi-untuk-tubuhMasyarakat urban saat ini memiliki aktivitas padat yang justru kian menjauhkan mereka dari sapaan sinar matahari pagi. Anda berangkat ke kantor sebelum matahari terbit, beraktivitas seharian di dalam ruangan, lalu pulang setelah matahari terbenam. Padahal, hangatnya matahari sangat bermanfaat buat tubuh Anda.

1. Tidur nyenyak di malam hari. Siapa sangka, berjemur di bawah sinar mentari pagi ternyata memicu produksi hormon melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang membantu tidur nyenyak di malam hari yang produksinya tergantung pada paparan sinar matahari.

2. Memperkuat tulang dan melindungi dari penyakit. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki merangsang tubuh memproduksi vitamin D yang berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membran sel, sehingga menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit, osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

3. Menghasilkan suasana hati yang lebih positif. Selain menghasilkan vitamin D, sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif.

4. Mencegah penyakit autoimun. Sinar matahari mencegah sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu reaktif dan hiperaktif. Cara inilah yang paling mudah untuk mencegah penyakit autoimun pada tubuh kita.

5. Mengatasi depresi. Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin sendiri adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi.
Meningkatkan sirkulasi darah.

6. Sinar matahari dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Nutrisi dan oksigen lebih banyak diperoleh sehingga kesehatan jauh lebih baik. Jika sirkulasi darah baik, jantung pun menjadi jauh lebih sehat.

7. Memperbaiki kulit. Berjemur dengan aman ternyata terbukti memperbaiki kondisi kulit, seperti jerawat. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda pernegangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

8. Mencegah diabetes. Dengan terpapar sinar matahari dan vitamin D yang cukup dapat mencegah diabetes pada anak-anak. Beberapa orang juga meyakini bahwa terpapar sinar matahari dapat menurunkan kadar gula dengan merangsang penyimpanan kadar gula didalam otot dan di hati.

Manfaat yang dihasilkan oleh matahari memang banyak, namun terkena sinar matahari terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan kita terkena kanker, kerusakan pada mata, melanoma. Untuk itu kita harus pintar memilih waktu yang tepat untuk menikmati karunia Allah SWT yang satu ini.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi