DIABETS BUAT KESEHATAN MENTAL MENURUN

diabetes-ilustrasi-_130923103622-756Diabetes membuat pikiran menua lima tahun lebih cepat. Mereka yang didiagnosa menderita penyakit itu di usia 50an kemungkinan akan mengalami penurunan mental pada usia 70.

Demikian laporan hasil penelitian tersebut diterbitkan di jurnal Annals of Internal Medicine berdasarkan lebih dari 15.000 dewasa yang diteliti sejak 1987 hingga 2013, Selasa (2/12). Peneliti menemukan adanya 19 persen partisipan penderita diabetes yang tidak terkontrol yang mengalami penurunan mental lebih banyak dari perkiraan.
Penurunan mental lebih jarang terjadi pada mereka yang dapat mengontrol diabetes dan pradiabetes. Ras pasien tidak mempengaruhi hasil penelitian. “Pelajarannya adalah agar otak tetap sehat saat berusia 70, maka Anda harus makan makanan yang tepat dan berolahraga saat berusia 50,” kata penulis utama Elizabeth Selvin yang juga profesor epidemiologi di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

“Ada penurunan kognitif substansial yang berhubungan dengan diabetes, pradiabetes dan buruknya kontrol glukosa pada penderita diabetes. Dan kita tahu cara mencegah atau memperlambat diabetes yang berhubungan dengan penurunan mental ini.”

Diabetes dapat menyerang saat seseorang memiliki gula darah yang tinggi yang dapat merusak jaringan, menyebabkan kebutaan dan kerusakan syaraf. Diabetes dapat dikontrol melalui diet dan olahraga, juga obat-obatan.
“Jika kita bisa mencegah dan mengawasi diabetes lebih baik lagi, kita bisa mencegah demensia untuk banyak orang,” kata Selvin.

“Demensia atau penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak itu membuat Amerika Serikat mengeluarkan dana 159 miliar dolar AS tiap tahun. Angka itu terus meroket dalam beberapa tahun mendatang seiring bertambah tuanya penduduk,” kata para peneliti.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi