DONATUR RUMAH ZAKAT WUJUDKAN BANTUAN MASJID PASCA GEMPA PIDIE JAYA

DONATUR RUMAH ZAKAT WUJUDKAN BANTUAN MASJID PASCA GEMPA PIDIE JAYAPIDIE JAYA. Bencana gempa yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh pada bulan Desember 2016 lalu masih menyisakan banyak luka. Tidak hanya banyaknya orang yang terluka dan meninggal, namun juga meluluhlantakan rumah serta fasilitas umum lainnya, tak terkecuali tempat ibadah, sedikitnya ada 63 masjid yang roboh terkena dampak dari gempa berkekuatan 6,5 SR tersebut.

Bagi masyarakat Aceh, masjid tidak hanya digunakan untuk ibadah saja tetapi juga sebagai pusat pendidikan dan kegiatan masyarakat. Oleh karenanya masjid mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sana.

Seperti yang kita ketahui perkara yang tidak pernah putus ketika seseorang meninggal salah satunya yaitu amalan atau sedekah jariyah. Membangun masjid menjadi bagian dari sedekah jariyah jika masjid tersebut digunakan untuk ibadah berapa lama pun waktunya sehingga pahala akan terus mengalir bagi orang-orang yang ikut membantu membangun masjid tersebut.

Maka dari itu melalui sharinghappiness.org Rumah Zakat membuka kesempatan bagi para donatur yang ingin melakukan amalan jariyah dengan membantu saudara-saudara kita untuk membangun kembali tempat ibadah mereka. Alhamdulillah dengan banyaknya donatur yang membantu, kita dapat membangun satu masjid di wilayah Gampong Hagu, Kecamatan, Meureudu, Pidie Jaya Aceh dengan nama Masjid Meunasah.

Proses pembangunan masjid ini dimulai sejak akhir bulan Februari 2017 lalu. Masjid ini rencananya dibangun dengan ukuran 13×13 m2. Berawal dari pembelian matrial, kemudian pembangunan pondasi, rangka, hingga saat ini proses pembangunan sudah sampai tahap pembuatan dinding masjid dan rangka jendela.

“Saat ini proses pembangunan masjid Meunasah sudah berlangsung sekitar 40%. Proses pembangunan ini memang dapat dikatakan berjalan cukup lama dibandingkan waktu normalnya. Hal ini karena banyaknya infrastruktur yang kembali dibangun paska gempa sehingga pemenuhan kebutuhan matrial membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu curah hujan yang masih tinggi juga menyebabkan proses pembangunan masjid terhenti jika hujan turun.” Tutur Nur Shyfa, Project Monev Rumah Zakat.

 

 

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti

Pidie Jaya

 

Tags :
Konfirmasi Donasi