EDUKASI KEAGAMAAN MELALUI TRAINING MENGURUS JENAZAH

SOLO.  Rumah Zakat Cabang Solo mengadakan pelatihan mengurus jenazah,  Ahad (21/11). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Babussalam kompleks PLN Surakarta. Pelatihan ini diikuti 21 member Rumah Zakat Solo.  Acara ini menghadirkan Bambang Sudarsono sebagai pemateri.

“Ada beberapa hal yang menjadi fardhu kifayah  bagi muslim terhadap saudaranya yang meninggal, yaitu memandikan, mengafani dan menguburkannya sesuai syari’ah islam,” ujar ustad yang juga Fisiotherapist di Rumah Sakit Kustati Solo ini.  Pelatihan ini tidak hanya berisi penyampaian teori tapi juga dilengkapi praktek mengafani jenazah. Walaupun hanya guling yang digunakan sebagai alat peraga, Bambang yang bisa dipanggil Ustadz dapat memberikan materi dengan maksimal.

Beberapa peserta pelatihan mengajukan pertanyaan seputar materi, bahkan ada pertanyaan yang harus dijadikan “PR” oleh Habibi,Member Relationship Officer (MRO) Rumah Zakat. “Peserta sangat antusias, sebagai contoh, Bu Hartini yang secara detail menanyakan cara memandikan dan mengafani jenazah hingga tak terasa waktu sudah menjelang dzuhur,” ungkap Habib.

Dari kegiatan ini, Habib juga mengharapkan peserta mampu memperoleh soft skill yang bermanfaat bagi kehidupan agama dan sosialnya. “Dasar hukum pengurusan jenazah memang fardhu kifayah. Banyak anak muda yang tidak mengerti cara mengurusi jenazah. Padahal apabila setiap orang bisa memperaktekannya, keluarga jenazah akan mampu mengurusinya hingga tuntas,” harap Habib.***

Newsroom/Muhammad Zahron
Regional Jawa Tengah

Tags :
Konfirmasi Donasi