EKSPEDISI SUPERQURBAN & BAHAN PANGAN UNTUK MENTAWAI

Eskpedisi superqurban dan bahan pangan untuk masyarakat di Kepulauan Mentawai. (Foto: Rumah Zakat)

MENTAWAI, RUMAH ZAKAT – Pada akhir Ramadhan 1441 H kemarin atau tepatnya pada tanggal 18-20 Mei 2020 tim Rumah Zakat melakukan Ekspedisi Superqurban dan Bahan Pangan dengan menyalurkan 300 paket superqurban dan 150 paket beras untuk masyarakat binaan Relawan Inspirasi Desa Berdaya Sikakap Mentawai.

Penyaluran paket Superqurban dan bahan pangan berlokasi di tiga kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai di antaranya Kecamatan Sikakap, Kecamatan Pagai Utara, Kecamatan Pagai Selatan. Sasaran penerima manfaat dari program ini adalah masyarakat dhuafa dan muallaf sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan buruh tani.

Iswandi selaku ketua tim ekspedisi yang juga Relawan Inspirasi Desa Berdaya Sikakap menceritakan perjalanan menuju salah satu lokasi penyaluran di Dusun Tubeket begitu berkesan dan penuh perjuangan.

“Disaat kapal mulai berangkat dari pelabuhan Sikakap, baru 15 menit jalan, kapal mulai diterjang ombak badai sehingga semua tim yang sebanyak 5 orang harus tiarap dan tidak bisa berbuat apa-apa selama satu jam, sampai akhir kapal memasuki sungai menuju perkampungan Dusun Tubeket. Suasana cuaca di bulan ini memang agak berbeda, cuaca ekstrim dan angin dan ombak besar setiap hari menerjang pantai Sikakap,” ungkapnya.

“Namun karena amanah ummat yang harus disampaikan kami tetap bersemangat dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan kebahagiaan untuk saudara-saudara kita yang ada di pedalaman,” tambah Iswandi .

“Begitu juga jalan darat yang kami tempuh menuju Dusun Pasapuat dengan motor membawa sembako paket bantuan, penuh dengan lobang dan jalan yang becek, apalagi saat ini musim hujan tentunya sudah pasti jalan basah dan licin, sampai ada di antara tim yang terjatuh,” lanjutnya.

“Namun semuanya terbayar sudah saat bertemu dengan masyarakat yang menerima bantuan ini, mereka begitu ceria dan bahagia menerima kedatangan kami. Bahkan ada seorang Muallaf yang hampir menangis, karena begitu terharunya. selama ini tidak pernah diberikan bantuan seperti ini, sampai diantar ke rumah. Kami berharap semoga ini menjadi amal jariyah dan pahala disisi Allah, apalagi bulan ini adalah buah yang penuh dengan keberkahan dan ampunan,” tutup Iswandi.

Ketika di Dusun Pasapuat, Kecamatan Pagai Utara tim ekspedidi disambut oleh Maryadi Kusmana selaku Kepala Dusun. Beliau sangat bersukur atas adanya bantuan ini dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Rumah Zakat atas perhatian dan bantuannya.

“Semoga para donatur di balas oleh Allah SWT dengan balasan yang lebih baik. Aamiin,” ucapnya.

Indrayanto selaku Branch Manager Rumah Zakat Sumbar mengatakan Ekspedisi kali ini merupakan jawaban atas kondisi sebagian masyarakat kita yang secara tidak langsung terdampak oleh Virus Covid 19.

“Kami mendapat info harga-harga kebutuhan pokok sudah naik dan cukup langka juga karena ada PSBB di Sumbar, sehingga berdampak juga diwilayah binaan kami yang berada di Sikakap,” katanya.

“Harapannya dengan program ini bisa membantu masyarakat yang ada di pedalaman, selain dalam bentuk beras kami juga menyalurkan Paket Superqurban. Kami mengucapkan terima kasih juga kepada donatur ataupun mitra yang sudah berqurban melalui Rumah Zakat karena terbukti program Superqurban ini sangat solutif untuk siaga pangan apalagi ditengah Pandemi Covid 19 sekarang ini,” ungkapnya.

Newsroom

Lailatul Istikhomah/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi