ENAM KEBIASAAN SEDERHANA UNTUK DETOKSIFIKASI TUBUH

Mendengar kata ‘detoksifikasi’ pikiran yang pertama kali terlintas adalah mengenai diet. Diet berhari-hari selama ini banyak dianut orang yang ingin mengeluarkan racun-racun dalam tubuhnya.

Padahal, tanpa perlu diet berhari-hari tubuh manusia sudah punya mekanisme melunturkan racun. Dikutip dari lamanĀ Time, ada enam kebiasaan sederhana yang ternyata menjadi sarana ampuh untuk proses detoksifikasi.

1. Makan Sehat

Kurangi makan makanan yang mengalami banyak pemrosesan, digoreng, atau mengandung gula buatan. Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah serta kacang-kacangan yang kaya protein.

2. Banyak Minum

Jauhkan diri dari minum alkohol. Jagalah tubuh agar mendapat asupan air putih yang cukup setiap harinya demi merawat kesehatan ginjal. Penambahan irisan lemon dalam air putih juga amat disarankan. Racikan ini mengirim sinyal ke hati agar lebih banyak memproduksi enzim yang menjaga agar pencernaan tetap berjalan mulus. Teh hijau juga baik bagi kesehatan karena menjauhkan peminumnya dari bahaya kanker dan sakit liver.

3. Jangan Malas Bergerak

Berkeringat membantu tubuh mengeluarkan racun dan memperlancar sirkulasi darah. Oleh karenanya jangan malas bergerak dan berolahraga. Banyak bergerak juga disebut mampu menghalau stres, membangkitkan energi, dan membuat orang lebih bahagia.

4. Makan dalam Porsi Kecil

Makan dalam jumlah berlebihan membuat sistem pencernaan bekerja ekstra keras. Lebih baik kurangi porsi makan dan kunyahlah makanan dengan pelan. Cara ini juga mencegah kita dari tersedak saat menyantap makanan.

5. Merawat Kulit

Sebelum mandi gosoklah permukaan kulit dengan sikat yang lembut. Penggosokan ini membantu mengelupas sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel-sel baru.

6. Tidur Cukup

Punya waktu tidur yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan. Ciptakan tidur yang berkualitas dengan membuat suasana kamar yang mendukung. Buatlah kamar tidur tetap dingin, tenang, dan jauh dari benda elektronik seperti televisi atau gawai. Tidur berkualitas dapat mengurangi stres dan peradangan sehingga organ-organ tubuh bekerja sebagaimana seharusnya.

 

Sumber: Republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi