GANDENG BAZNAS DAN RUMAH ZAKAT USTADZ ERICK YUSUF LUNCURKAN PESANTREN DIGITAL UNTUK YATIM DHUAFA

GANDENG BAZNAS DAN RUMAH ZAKAT, USTADZ ERICK YUSUF LUNCURKAN PESANTREN DIGITAL UNTUK YATIM DHUAFAgomuslim.co.id (31/01). Perkembangan arus informasi yang cepat dan perubahan teknologi yang kian canggih membuat Ustadz Erick Yusuf terdorong untuk memanfaatkan teknologi komunikasi melalui terobosan program ‘Pesantren Digital’.

Saat peluncuran program barunya baru-baru ini, Ustadz Erick mengatakan saat ini Pesantren Digital sudah memiliki konsep silabus digital media, selanjutnya para santri akan dikasih materi pembahasan Alquran, hadits dan fiqih.

“Kita punya konsep digital dan agama, program ini akan berlangsung selama enam bulan untuk setiap sesi dan dimulai pada Februari 2017. Kami berharap dalam waktu enam bulan, para santri dapat menguasai konsep materi pembelajaran yang diberikan,” ujar Erick.

Selain itu, untuk satu program pelatihan workshop memakan waktu tiga sampai enam bulan. Dengan dibentuknya konsep digital, para santri diharapkan dapat memahami bobot konsep digital media.

Program Pesantren Digital bekerja sama dengan Baznas dan Rumah Zakat. Program ini ditujukan kepada anak yatim dan dhuafa sehingga tidak ada biaya dalam mengikuti program tersebut.

Selain mendirikan Pesantren Digital, sebelumnya Ustadz Erick Yusuf juga mendidrikan sebuah lembaga dakwah bernama iHAQi yang juga terkonsep dunia digital. Seperti namanya, lembaga ini bertujuan untuk menegakkan agama Islam yang HAQ (yang benar) dengan cara-cara yang kreatif.

iHAQi adalah untuk sebuah wadah dakwah yang terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung, yang punya visi dan misi yang sama, yang selalu mengambil intisari dari kebaikan dan memolesnya dengan baik dan rasa kasih sayang. Cara-cara syiarnya pun beragam, tidak hanya bertausiyah di atas mimbar di depan para jamaah, namun iHAQi juga membidik anak muda dengan beragam kegiatan, seperti  training multimedia, pembuatan t-shirt dakwah, program-program di  car free day, dakwah on the street, urban care, youth spirit dan lainnya.

“Lewat lembaga ini, saya ingin menunjukkan bahwa  agama itu terlihat indah, masuk ke dalam lifestyle kekiknian dengan nilai-nilai yang menyenangkan. Kenapa harus begini, karena masih banyak orang yang menilai bahwa agama itu menyulitkan, membebani,  yang tidak asik, kuno dan lainnya. Semoga kita dapat tujuan utamanya, yaitu sharing atau syiar bagaimana menegakkan HAQ dengan cara-cara kreatif, “ tuturnya

Selain lembaga dakwah digital iHAQi, Erick Yusuf juga mendirikan sebuah Pondok Pesantren Digital bernama SMP Kreatif iHAQi di kawasan Cidadap, Bandung Jawa Barat. Pesantren ini didesain berbeda dengan pondok pesantren kebanyakan. Selain kurikulum pesantren seperti kelas pengajian Alquran dan tahfidz, para santri yang setingkat sekolah menengah pertama ini juga diberi wawasan tentang bagaimana ilmu-ilmu pendukung, seperti broadcasting, public speaking, editing digital media, dan lainnya demi mempersiapkan mereka untuk terjun dakwah via digital media kepada masyarakat. (nat/dbs)

Sumber: http://www.gomuslim.co.id/read/news/2017/01/31/3056/gandeng-baznas-dan-rumah-zakat-ustadz-erick-yusuf-luncurkan-pesantren-digital-untuk-yatim-dan-dhuafa.html

Tags :
Konfirmasi Donasi