GAYA HIDUP BANYAK DUDUK, SELINGI DENGAN CARA INI

Posisi-Duduk-di-kantorHidup seharusnya bergerak dan berkembang. Namun jika hidupmu hanya dihabiskan dengan cara duduk, kamu akan mengalami banyak efek samping karena gaya hidup yang tak sehat ini. Penelitian ilmiah menemukan bahwa hidup tak berpindah-pindah tempat (duduk seharian di depan komputer), bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler dan diabetes.

Tapi kamu bisa mengurangi risikonya jika mengubah gaya hidupmu, dengan cara berikut ini.

1. Jalan-jalan

Santai saja, kamu tak perlu harus berlari, jalan-jalan keliling rumah, keliling komplek atau taman cukup bisa memperbaiki aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki paling tidak 30 menit setiap hari baik untuk aktivitas duduk setiap hari.

2. Naik-turun tangga

Ada tangga di kantor? Jangan terbiasa naik elevator. Naik dan turun tangga bisa memperbaiki kesehatan tubuh. Begitu juga di rumah, lebih rajinlah naik turun tangga

3. Berdiri

Karena duduk berjam-jam akan membuat sendi dan tulangmu cepat keropos, paling tidak beri variasi dengan berdiri 15 hingga 30 menit sekali. Kamu bisa berdiri dan berjalan ke pantry atau kamar mandi, mengunjungi meja bos, meja rekan kerja dan lainnya. Lebih banyaklah berdiri di rumah.

4. Perbanyak aktivitas rumah

Lakukan aktivitas bersih-bersih rumah lebih sering. Terkadang melakukan aktivitas kecil seperti ini justru cara efektif penghilang stres. Kamu juga bisa masak makan malam, yang mana membutuhkan aktivitas berjalan, berdiri dan bergerak lebih banyak.

5. Yoga

Lakukan gerakan-gerakan yoga di rumah sambil nonton acara favoritmu atau mendengar musik. Cukup melakukan gerakan-gerakan stretching dan pemanasan kecil, akan mampu membuat sendi dan otot tubuhmu lebih ringan dan segar.

Ada banyak aktivitas kecil sebenarnya yang bisa dilakukan, baik di kantor atau di rumah jika kamu tak ingin “aktivitas duduk setiap harimu” mengganggu kesehatan.

 

Sumber: Vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi