HIJRAH MENUJU MASYARAKAT ISLAMI

CILEGON. Rumah Zakat cabang Cilegon bersama  Majelis Talim dan DKM At Taubah menggelar Majelis Hikmah dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1433 Hijriyah, di Masjid At Taubah Link Ramanuju Citangkil, Rabu (21/11).

Peringatan kali ini  mengambil tema “ Meneladani Hijrah Nabi SAW Menuju Masyarakat Islami “. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB ditandai dengan kedatangan warga di wilayah ICD menuju masjid sambil diiringi sholawatan oleh para jamaah yang sudah datang di dalam masjid. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB yang dipandu oleh pembawa acara, dilanjutkan pembukaan dengan adanya pembacaan ayat suci Al Quran.

Event ini kemudian diisi dengan sambutan Oleh Ketua DKM dan Hadaroh Tilawah Yasin bersama oleh Ustad. H. Nasrullah setelah itu digelar inti acara yaitu ceramah Agama yang di sampaikan oleh KH.Romli Marzuki yang menjelaskan bahwa Hikmah Peristiwa Hijjrah merupakan suatu momentum penting dalam proses perjalanan Islam, yang dikaitkan dengan perpindahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, dari kota Mekkah ke Medinah. Peristiwa tersebut kemudian dijadikan sebagai titik awal penanggalan bagi kaum Muslimin.

Dia juga menjelaskan beberapa hal yang bisa diambil dari peristiwa hijrah yaitu: 1. perisitwa hijrah Rasululah dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah merupakan tonggak sejarah yang monumental dan memiliki makna yang sangat berarti bagi setiap muslim. 2. Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi. Menegakkan aqidah di tengah budaya jahiliyah adalah perjuangan berat. 3. Hijrah mengandung semangat persaudaraan. Kaum Anshor Madinah dengan sepenuh hati menerima kaum Muhajirin Makkah, dan inilah contoh ukhuwah yang sejati. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Romli Marzuki. Event ini dihadiri 150 orang yang terdiri dari penerima manfaat Rumah Zakat, Majlis Talim, masyarakat umum, tokoh masyarakat setempat, ketua RT, dan ketua RW di lingkungan Ramanuju Citangkil.***

Newsroom/Humaedi
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi