HINDARI API NERAKA WALAU HANYA DENGAN SEPARUH KURMA


Oleh : Ponco Sriariyanto

Rasulullah SAW bersabda : ?Setiap orang pasti akan diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat. Saat itu tidak ada penerjemah antara keduanya. Ia melihat ke arah kanannya dan tidak menjumpai apapun kecuali amal perbuatan yang selama ini diperbuat. Lalu ia melihat ke arah kirinya dan ia juga tidak menjuampai apapun kecuali amal yang telah ia perbuat. Selanjutnya ia melihat ke arah depannya, dan ia tidak melihat apapun kecuali api di hadapan wajahnya. Maka jauhilah api neraka sekalipun walaupun hanya dengan separuh kurma.?

Lihatlah keagungan berinfak. Separuh buah kurma dapat menyelamatkan anda dari api neraka. Sampai-sampai seandainya anda tidak memiliki apapun kecuali hanya sebuah kurma. Anda harus membelahnya menjadi dua, anda makan setengahnya dan setengahnya lagi anda infakkan kepada fakir-miskin.

Perhatikanlah baik-baik! Separuh buah kurma ternyata dapat menghindarkan anda dari kobaran api neraka. Benar, terdapat kesempatan yang dapat menyelamatkan anda dari api Jahannam yang kita semua berusaha untuk menghindar darinya.

Jika demikian, apalagi yang anda tunggu? Marilah kita berinfak! Sedekahkanlah barang yang paling anda sukai. Allah SWT berfirman :

?Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, sesungguhnya Allah Mengetahui (QS. Ali Imran: 92).
Oleh karena itu, jangan biarkan satu hari pun berlalu dari anda, kecuali anda telah berinfak. Ketahuilah, disana ada segolongan umat manusia yang ketika telah berlalu satu hari dari mereka, dan mereka belum sempat berinfak pada hari itu, maka mereka pun merasa sedih.

Akan tetapi, di sisi lain kita juga mendapati segolongan manusia lainnya yang membiarkan waktu mereka berlalu begitu saja, satu bulan, dua bulan, bahkan hingga satu atau dua tahun. Mereka juga sedikitpun tidak pernah menyedekahkan harta mereka. Allah SWT berfirman :?Dan orang-orang yang menyimpan emas & perak dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.? (QS. At Taubah: 34).

Dari Anas bin Malik ra. Ia berkata : ?Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya sedekah dapat memendam kemarahan Rabb dan menghindarkan dari kematian yang jelek.(HR At-Tirmidzi).

Oleh karena itu, jika dalam satu hari anda berbuat dosa, bersedekahlah, Jika suatu saat anda menyimpang dari ketaatan, bersedekahlah!#

Tags :
Konfirmasi Donasi