HINDARI POSISI DUDUK MENYILANGKAN KAKI

Bagi Anda yang terbiasa bekerja dalam ruangan dan lebih banyak menghabiskan waktu sambil duduk, mungkin informasi ini akan sangat penting. Beberapa penelitian mengatakan kenaikan tekanan darah dapat disebabkan oleh terlalunya seseorang berakivitas sambil duduk. Semakin lama seseorang duduk, maka risiko terjadinya tekanan darah dan tekanan pada syaraf juga akan tinggi.

Bagi Anda yang memiliki masalah pada tekanan darah, maka disarankan untuk menghindari duduk. Khususnya dengan posisi kaki saling bertumpukan untuk waktu lama.

Meskipun posisi ini kerap dianggap sebagai posisi yang gaya, namun ternyata banyak ahli kesehatan yang mengklaim bahwa posisi tersebut berbahaya. Alasannya dapat menjadi penyebab utama kerusakan pada kaki.

Ironisnya, tak banyak yang menyadari bahaya tersebut. Selain menyebabkan peningkatan tekanan dan risiko penyakit varises (pelebaran pembuluh darah balik), posisi ‘lady-like’ ini juga berperan cukup besar sebagai penyebab masalah kesehatan.

Alasan lain untuk menghindari posisi ini adalah cukup tingginya risiko kelumpuhan syaraf peroneal (tulang betis). Duduk dengan cara menumpuk satu kaki di atas kaki yang lain juga dapat menekan syaraf bahkan merusaknya. Selain itu, posisi ini juga dapat mempengaruhi sirkulasi darah, karena ketika Anda meletakkan satu kaki di atas kaki lainnya, maka intensitas jumlah darah akan lebih banyak terpompa ke dalam jantung, dan akan berakibat negatif pada sirkulasi darah.

Posisi ini juga dipercaya dapat mempengaruhi keseimbangan otot paha bagian dalam dan luar. Hal ini tentu dapat menyebabkan ketidakseimbangan tulang panggul dan masalah persendian. Semakin lama Anda duduk dengan kaki yang saling bertumpukan, maka kemungkinan terjadinya peradangan kaki, penghambatan pembuluh darah, dan risiko timbulnya pembuluh darah kecil dengan warna merah, biru, ungu yang berbentuk seperti jaring laba-laba atau akar pohon yang tampak di permukaan kulit (Spider Veins) juga akan semakin besar.

Disarankan untuk memastikan posisi terbaik saat Anda duduk, serta durasi dari posisi tersebut. Usahakan untuk terus merubah posisi duduk dan tidak terlalu lama duduk dengan posisi yang sama, dilansir dari Times of India.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi