IBU SENSITIF LAHIRKAN ANAK LEBIH BERPRETASI

peran orang tua agar anak berprestasi di sekolah_1342598797Faktor sensitivitas, kepekaan, dan perhatian orang tua terhadap anak setidaknya dapat memengaruhi kemampuan bersosialisasi ataupun akademik anak, seperti dikutip dari Inhabitots.

Hasil temuan tersebut disebutkan para peneliti yang telah melihat korelasi jangka panjang antara sensitivitas seorang ibu dengan perilaku maupun hasil belajar atau nilai akademik anak di sekolah.

Pada saat anak mencapai usia dewasa, para peneliti mewawancarai mengenai pribadi, hubungan romantis, dan hasil pendidikan mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa anak-anak yang memiliki ibu dengan sensitivitas dan perhatian tinggi pada saat mereka masih kecil, umumnya memiliki pestasi akademik lebih bagus.

Ternyata anak-anak yang lebih berprestasi itu memiliki seorang ibu yang selalu menanggapi mereka sejak usia dini. Berbeda dengan rata-rata anak dengan pola asuh yang kurang harmonis bersama orang tuanya.

Namun peneliti juga mengakui sementara ini masih akan mencari faktor lain untuk dipelajari terkait pengaruh dan mempengaruhi hal tersebut. Seperti meneliti kehadiran dan pengaruh sensitivitas ibu pada titik-titik lain selama masa kanak-kanak dan peran genetika, atau bahkan temperamen seorang anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memberikan perhatian intensif dan berperan sebagai ibu atau orang tua yang selalu mendukung, dapat menuai keuntungan jangka panjang yang positif bagi masa depan anak.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi