INI TAHAPAN TUMBUH GIGI ANAK YANG HARUS DIKETAHUI 

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan anak akan terus berjalan termasuk pertumbuhan gigi. Ada tahapan waktu dan usia yang akan dilewati anak, mulai dari gigi pertama, gigi susu, sampai akhirnya gigi permanen. Lantas, bagaimana tahapan tumbuh gigi pada anak?

Pada awal usianya, anak-anak akan mengalami tumbuh gigi pertama yang disebut dengan gigi susu. Perlu diketahui, gigi susu adalah gigi yang hanya tumbuh sementara. Nantinya, gigi susu akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen. Sebenarnya, waktu dan tahapan tumbuh gigi permanen pada anak bisa berbeda-beda. Namun, ada perhitungan secara umum yang menunjukkan usia normal gigi anak tumbuh.

Waktu Pertumbuhan Gigi Anak

Gigi permanen pada anak mungkin akan tumbuh pada usia yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pada kondisi masing-masing anak. Namun, orangtua perlu mengetahui dan memperhatikan setiap pertumbuhan gigi anak. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya gangguan tumbuh gigi bisa dengan cepat dikenal dan dihindari.

Gigi susu anak nantinya akan mulai tanggal dan digantikan dengan gigi permanen alias gigi dewasa. Meski nantinya akan copot, peran gigi susu sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Gigi susu berperan dalam menahan ruang agar gigi permanen bisa tumbuh, yaitu dengan menyediakan tempat untuk gigi permanen tumbuh.

Jika sudah waktunya, gigi susu akan tanggal. Kemudian, di tempat tersebut akan mulai tumbuh gigi permanen. Meski begitu, gigi susu tetap harus dijaga dengan baik. Sebab, gigi susu yang copot sebelum waktunya bisa menyebabkan gigi dewasa tumbuh dengan tidak normal. Sebab, ruang atau celah di antara gigi akan menyempit.

Gigi cenderung akan bergerak ke ruang kosong tersebut. Hal itulah yang kemudian membuat gigi permanen bisa tumbuh tidak normal. Selain itu, kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko susunan gigi permanen menjadi tumpang tindih serta terlihat berantakan. Nantinya, gigi baru yang tumbuh akan dibagi ke dalam beberapa jenis, tergantung pada fungsinya, di antaranya gigi seri, gigi taring, gigi molar kecil, serta gigi geraham besar.

Biasanya, gigi susu anak akan tanggal pertama kalinya di sekitar usia 6 hingga 7 tahun. Setelah tanggal, gigi susu akan digantikan oleh gigi permanen. Gigi dewasa bisa saja segera tumbuh setelah gigi susu copot. Dengan kata lain, pertumbuhan gigi anak bisa dimulai pada usia 6 atau 7 tahun. Urutan tumbuhnya gigi pada anak adalah:

  • Pada usia 6-7 tahun, mulai tumbuh gigi molar atau gigi geraham rahang bawah.
  • Pada usia 6-7 tahun, tumbuh gigi geraham rahang atas.
  • Pada usia 6-7 tahun, tumbuh gigi seri depan rahang bawah.
  • Pada usia 7-8 tahun, tumbuh gigi seri rahang atas.
  • Pada usia 9-10 tahun, tumbuh gigi taring rahang bawah.
  • Pada usia 10-11 tahun, gigi geraham kecil ke-1.
  • Usia 10—13 tahun, gigi geraham kecil ke-3.
  • Usia 11-12 tahun, tumbuh gigi taring.
  • Usia 12-13 tahun, tumbuh gigi geraham ke-2.

Meski waktu tumbuhnya bisa berbeda-beda, sebaiknya orangtua waspada jika gigi anak tidak kunjung muncul dan segera bawa ke dokter gigi.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia