JAGA DAYA TAHAN TUBUH SAAT MUSIM PANCAROBA

Musim peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan (pancaroba) kerap menjadi penyebab turunnya daya tahan tubuh. Penurunan itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti influenza, batuk, pilek, demam, dan badan pegal-pegal.

Daya tahan tubuh berarti terlindungi dari sesuatu; tidak terpengaruh ataupun terganggu oleh keadaan yang tidak baik. Daya tahan tubuh merupakan sistem pertahanan yang melindungi kita dari penyakit dan mikroorganisme yang membahayakan.

Penyebab daya tahan tubuh menurun ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti pola diet tidak seimbang, stres, kurang olahraga dan kurang istirahat. Sedangkan faktor eksternal, seperti perubahan cuaca, lingkungan yang kurang bersih dan polusi.

Menurut nutritional scientist, Dr. Matthew Lantz Blaylock dalam rilis  yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/12), untuk menjaga diri dari penyakit selama musim pancaroba adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Daya tahan tubuh dapat dijaga dengan cara menjalankan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari) dan istrirahat yang cukup setiap harinya.

Jangan lupa juga penuhi kebutuhan asupan harian Anda. Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan setiap hari sangat diperlukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh.

Orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sibuk dengan pola makan tidak seimbang terkadang tidak dapat menjaga kesehatan daya tahan tubuh mereka hanya dari konsumsi makanan sehari-hari. Di sini, suplemen dapat membantu melengkapi nutrisi yang belum terpenuhi.

Selain itu, bawalah jaket atau jas hujan. Salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan ekstrem cuaca yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat.  Jangan lupa untuk membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.

Terakhir, konsumsi vitamin yang cukup. Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, namun salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C.

Dengan mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C, sistem daya tahan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit.

Sumber : Antara
Tags :
Konfirmasi Donasi