KEBUTUHAN CAIRAN TIAP USIA BERBEDA

Untuk tetap terhindar dari dehidrasi, minum air putih yang cukup sangat dianjurkan. Rekomendasi harian merupakan dua liter sehari untuk remaja dan orang dewasa, namun, jika terlalu banyak akan berbahaya.

Health Marketing Manager Danone AQUA Aninda Perdana, B. Med Sc. menjelaskan, kebutuhan cairan tubuh untuk tiap usia memiliki perbedaan ukuran. Jika dalam takaran liter, remaja dan dewasa cukup dengan dua liter. Untuk anak-anak dan lansia berbeda.

“Kalau dalam gelas, dewasa itu mulai dari enam hingga delapan gelas per hari, bisa bertambah jika berkegiatan di luar ruangan atau pekerja yang mengeluarkan keringat banyak,” kata Aninda.

Sedangkan untuk anak-anak, bisa mengonsumsi enam gelas per hari, begitu pula dengan lansia yang memiliki kebutuhan cair seperti anak-anak. Untuk takaran gelas, bukan menggunakan cangkir atau gelas besar. Namun, gelas yang berukuran 200 atau 250 mililiter.

Jika takaran tersebut lebih terlalu banyak, tidak ada efek berbahaya yang bisa mematikan. Jika ginjal orang tersebut masih normal, maka kemungkinan akan sering untuk buang air kecil saja.

“Yang berbahaya itu jika minum langsung banyak dalam satu waktu, seperti satu liter dalam sekali waktu,” ujar Aninda.

Meminum terlalu banyak dalam satu waktu akan membuat perembesan cairan di plasma. Disarankan, untuk sekali minum hanya diperbolehnya satu sampai dua gelas saja, atau seiktar 500 hingga 600 mililiter.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi