KENAPA KITA HARUS DUDUK TEGAK?

dudukKarena tuntutan pekerjaan, terkadang kita harus rela duduk berjam-jam menghadap monitor komputer. Apalagi bagi Anda yang bekerja di dalam ruang kantor di mana semua pekerjaan harus diselesaikan dengan menggunakan komputer. Duduk berjam-jam memang bisa menghadirkan sejumlah risiko yang tak baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Lalu, bagaimana solusinya?

Yap, solusinya adalah, duduklah dengan punggung tegak. Memperhatikan dan mengatur postur tubuh ketika duduk bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Meningkatkan Kepercayaan Diri
Menurut penelitian, duduk dengan punggung tegak dan postur tubuh yang baik bisa membuat kita merasa lebih percaya diri. Dibandingkan dengan duduk membungkuk, duduk dengan punggung tegak bisa membuat kita lebih percaya diri dengan semua aset yang kita miliki.

Menambah Energi
Setelah makan siang, kita biasanya akan merasa sangat mengantuk dan lelah. Sebelum minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk, perhatikan cara duduk Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biofeedback, berdiri atau duduk dengan punggung tegak bisa mengisi ulang energi tubuh dan mengurangi rasa depresi.

Mengurangi Stres

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di Health Psychology menemukan bahwa duduk dengan punggung tegak ketika ada banyak pekerjaan dan tenggat waktu yang harus diselesaikan bisa menghilangkan emosi-emosi negatif yang kita miliki. Dalam penelitian yang sama, partisipan yang duduk dengan posisi punggung tegak bisa mengurangi rasa takut yang dimiliki. Selain itu, duduk dengan posisi tegak juga bisa meningkatkan mood atau suasana hati kita.

Lebih Produktif di Tempat Kerja
Ingin bisa menyelesaikan semua pekerjaan lebih cepat dan produktif? Duduklah dengan posisi bagus dan punggung tegak. Dengan begitu, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita sedang dalam kondisi sedang membutuhkan energi, dan pada akhirnya meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan produktivitas.

Bernapas Lebih Baik
Saat dalam posisi membungkuk, kita malah menghambat aliran udara saat bernapas. Duduklah dengan punggung tegak, maka oksigen yang masuk dalam tubuh bisa meningkat sebanyak 30 persen. Duduk tegak bisa membuka rongga dada dan membuat lebih banyak oksigen masuk ke dalam otak dan tubuh. Semakin banyak oksigen yang masuk = bernapas jadi semakin mudah.

Duduk dengan posisi punggung tegak dan postur yang baik bukanlah sesuatu yang sulit, kan? From now on, let’s practice good posture!

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi