KIAT MENJAGA BERAT BADAN PASCA LEBARAN

Selain bersilaturahmi, Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momen menyantap berbagai hidangan lezat. Ketupat, opor ayam, rendang dan beberapa kue kering favorit identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, makanan bersantan maupun kue kering akan membuat berat badan seseorang meningkat dengan cepat. Lalu bagaimana supaya berat badan tetap terjaga dan tubuh melakukan detoksifikasi secara alami? Berikut tips yang bisa kamu praktikkan seperti dilansir Times of India, Ahad (24/5).

1. Terapi air putih

Ini adalah aktivitas mengonsumsi air putih dengan suhu normal, sesaat setelah bangun dalam keadaan perut kosong. Disarankan juga meminum dua gelas air sebelum makan demi mengurangi jumlah asupan makan. Tak hanya itu, ketika tubuh terhidrasi, energi yang dikeluarkan saat istirahat juga meningkat, artinya kalori terbakar lebih cepat.

2. Makanlah secara pelan

Ini sangat penting dilakukan, apalagi notabene makanan Hari Raya Idul Fitri berlemak dan mengandung gula. Untuk menjaga berat badan, cobalah makan secara perlahan. Cara ini akan membantu kita mengenali sinyal dari tubuh ketika mulai merasa kenyang. Cobalah peka terhadap sinyal-sinyal tubuh dan jangan makan berlebihan.

3. Kontrol porsi makan

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, tubuh telah beradaptasi dengan jadwal puasa. Maka dari itu, menyantap makanan berlemak dan mengandung gula secara berlebih di Hari Raya bukan ide yang bijaksana. Jika Anda ingin mempertahankan berat badan, mulailah mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar sebelum melahap camilan berkalori tinggi.

4. Mulailah berjalan selama 30 menit setiap hari

Selain memperhatikan apa yang dimakan, penting juga untuk bangun dan bergerak. Berjalan selama 30 menit setiap hari akan bermanfaat dalam menjaga berat badan. Setelah itu, Anda dapat secara bertahap memasukkan latihan kardio seperti berlari dalam rutinitas Anda. Karena sedang swakarantina, olahraganya di rumah atau pekarangan saja ya!

5. Pantau siklus tidur Anda

Berbagai penelitian telah mengaitkan kebiasaan tidur yang buruk dengan peningkatan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Jadi, pastikan waktu tidur Anda cukup dan berkualitas. Selamat mencoba!

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia