KINI TAK PERLU MANDI DI SUNGAI KOTOR LAGI

TANGERANG. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, PT. PP (Persero) Tbk menyalurkan dana PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) dalam bentuk pembangunan sarana air bersih atau Water Well melalui Rumah Zakat. Adapun Water Well tersebut dibangun di dua titik, yaitu Tangerang dan Yogyakarta.

Di Tangerang, lokasi pembangunan Water Well terletak di Desa Selapajang RT 05 RW 04 Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Desa ini dihuni sekitar 60 Kepala Keluarga (KK), dan merupakan daerah yang selama ini menjadi Integrated Community Development (ICD) binaan Rumah Zakat. Dengan demikian proses pengontrolan setelah pembangunan Water Well dapat dilakukan.

Budaya hidup bersih dan sehat di desa ini sungguh memprihatinkan. Sudah bertahun-tahun mereka melakukan aktivitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dengan memanfaatkan air sungai Cisadane. Warga juga memanfaatkan area perkebunan di sekitar rumah mereka untuk buang air besar. Permasalahan ini disebabkan tidak tersedianya fasilitas MCK di rumah-rumah warga.
Padahal ditinjau dari sisi kesehatan, air sungai tersebut tidak layak digunakan untuk aktivitas mandi dan cuci. Aktivitas yang tidak ramah lingkungan ini sudah dilakukan turun temurun. Akibat kebiasaan kurang baik ini, berdampak pada lingkungan tidak sehat.

Sebenarnya warga ingin membuat WC di rumah meraka. Akan tetapi karena keterbatasan ekonomi menjadikan mereka tidak sanggup untuk membangun WC yang bersih dan sehat. Apalagi mata pencaharian masyarakat Selapajang rata-rata sebagai buruh dan petani sayur yang penghasilannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga mereka menyampingkan prioritas untuk membuat WC di rumahnya.

Diharapkan adanya sarana Water Well di wilayah sana dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga sekitar untuk melakukan aktivitas seperti mandi, cuci, dan BAB. Sehingga kebiasaan yang selama ini tidak ramah lingkungan perlahan mulai ditinggalkan.***

Newsroom/Praguno Aryanto
Tangerang

Tags :
Konfirmasi Donasi