MAKANAN PENYEBAB ANDA SUSAH TIDUR

cara-menghilangkan-bekas-kopi-dan-teh-di-gelasInsomnia yang melanda saat tubuh Anda sedang membutuhkan istirahat tentu sangat menyebalkan. Saat malam telah larut, rasa kantuk tak kunjung datang dan membuat mata Anda terpejam. Keesokan harinya Anda akan beraktivitas dengan mata wajah lusuh dan mata mengantuk.

Salah satu penyebabnya adalah pikiran atau stres yang melanda diri Anda. Tetapi, mungkin saja hal tersebut diakibatkan oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi sebelumnya. Beberapa makanan memang dapat menghilangkan rasa kantuk Anda dan membuat Anda sulit tidur. Seperti beberapa makanan berikut,

Kafein
Zat yang satu ini telah lama dikenal sebagai penunda kantuk dan penambah energi. Zat ini dapat menstimulasi otak Anda sehingga Anda tidak merasakan kantuk.

Yang perlu Anda ingat, kafein tidak semata-mata hanya berasal dari kopi. Soda, teh, dan beberapa obat-obatan juga mengandung kafein. Jika Anda termasuk sensitif terhadap kafein, pilihlah minuman yang tidak mengandung kafein dan cek label obat-obatan yang Anda konsumsi.

Alkohol
Selain dapat berakibat buruk dalam jangka panjang, konsumsi minuman beralkohol seperti bir, wine, dan lainnya dapat membuat tidur Anda tak nyenyak.

Minuman beralkohol sendiri sebenarnya dapat membuat Anda merasa nyaman dan cepat tidur. Tetapi, tidur yang ditimbulkannya tidak nyenyak dan relatif banyak gangguan. Saat terbangun keesokan harinya, tubuh akan terasa lelah dan masih membutuhkan istirahat tambahan.

Makanan Fermentasi
Mungkin Anda tak pernah menyangka bahwa makanan hasil fermentasi seperti tape, keju, ikan asap dan lain sebagainya juga dapat menjadi biang penyebab insomnia yang Anda alami.

Asam amino Tyramine menstimulasi otak dan membuat rasa kantuk enggan muncul. Hindari konsumsinya sebelum tidur agar Anda dapat beristirahat dengan tenang.

Makanan Pedas
Makanan yang memiliki rasa pedas dan juga asam dapat menyebabkan ketidak-nyamanan pada perut saat tidur. Karena itu, sebaiknya hindari konsumsinya sebelum tidur. Anda tak harus berhenti mengonsumsi makanan jenis ini, cukup hindari mengonsumsinya 3 jam sebelum tidur.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi