MANFAAT MINUM MADU SEBELUM TIDUR

manfaat-maduTak diragukan lagi kalau madu memiliki segudang manfaat. Bahkan madu juga sering dijadikan bahan obat yang manjur mengobati sejumlah penyakit. Tak hanya itu saja, madu pun diyakini bisa bantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi dengan benar.

Salah satu metode yang disarankan dalam mengonsumsi madu adalah minum 1 sdm madu sebelum tidur malam. Ada sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan minum 1 sdm madu secara rutin sebelum tidur. Mulai dari meningkatkan kualitas tidur hingga membantu proses menurunkan berat badan. Selengkapnya, yuk kita ikuti detailnya di bawah ini.

Tidur Jadi Jauh Lebih Nyenyak
Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, madu baik untuk hati (liver) sehingga dapat memproduksi glikogen yang cukup di malam hari. Saat kita mengonsumsi madu sebelum tidur, otak akan bekerja untuk mencari sumber energi. Madu juga bisa membantu otak meningkatkan kadar insulin yang mengeluarkan triptofan untuk otak.

Triptofan ini kemudian diubah jadi melatonin. Melatonin inilah yang kemudian bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun kembali jaringan saat sedang tidur. Sehingga ketika bangun di pagi hari, tubuh jadi terasa lebih bugar.

Menurunkan Berat Badan Tubuh
Pernah dengar diet madu? Diet madu dicetuskan pertama kali oleh Mike Mciness, pakar nutrisi dan mantan Boost Chemist. Gagasan ini muncul ketika ia menyadari kalau atlet yang mengonsumsi makanan kaya fruktosa (seperti madu) tubuhnya bisa membakar lemak 10 kali lebih cepat dari tubuh orang biasa. Selain itu, staminanya juga meningkat drastis.

Madu berfungsi sebagai sumber energi liver dan bisa membuatnya memproduksi lebih banyak glukosa. Ketika glukosa diproduksi, otak akan menangkap sinyal bahwa kadar gula meningkat dan membuatnya memproduksi hormon pembakar lemak. Kalau kamu ingin mencoba diet madu, ganti gula dengan madu dan minum segelas air hangat yang dicampur madu sebelum tidur malam secara rutin.

Menjaga Badan Biar Nggak Gampang Sakit
Ingin kekebalan tubuh meningkat? Konsumsilah madu secara rutin. Madu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga tubuh dari serangan alergi, dan bisa mencegah munculnya plak di gigi.Meski manfaat madu besar sekali, tetap saja kita tak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Bagi para penderita diabetes, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi madu secara rutin.
Sumber: Vemale.com
Tags :
Konfirmasi Donasi