MEMOTONG BAWANG TANPA AIR MATA

potong-bawang-tanpa-iritasi-_141013144022-960Bagi Anda yang suka memasak sendiri di rumah, pasti seringkali mengalami hal ini. Di mana memotong bawang merah menjadi aktifitas menyebalkan ketika mata harus mengeluarkan air karena perih.
Memotong bawang, terlebih bawang merah dapat menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan iritasi pada mata. Sehingga menyebabkan mata Anda berkaca-kaca.

Namun kini tidak perlu khawatir, ada tips memotong bawang tanpa harus mengeluarkan air mata, yaitu:

Gunakan pisau tajam
Pastikan pisau yang Anda gunakan untuk memotong bawang merah tajam. Pasalnya, pisau yang tajam menyebabkan kerusakan lebih sedikit pada dinding sel bawang merah dan dapat meminimalisir reaksi kimia yang dihasilkan dari mengiris bawang tersebut.

Ambil jarak

Ada baiknya memang Anda mengatur jarak antara tangan dengan mata. Pasalnya mengiris terlalu dekat dapat mempercepat reaksi kimia tersebut terjadi. Pastikan setelah Anda memotong bawang menjadi dua bagian, segeralah potong dadu atau iris tipis dengan cepat.

Potong bawang dengan benar

Memotong bawang dengan benar juga dapat mengurani iritasi yang terjadi pada mata Anda. Meski demikian, Anda juga harus tetap menjaga tangan agar tidak ikut teriris. Pastikan pula memotong bawang dari satu arah, jangan dua arah sekaligus.

Dinginkan bawang
Dinginkan bawang yang akan Anda potong. Pasalnya bawang yang dingin dapat mengurangi propanethal S-oksida akan menguap. Sehingga iritasi pada mata Anda kan berkurang.

Buat ventilasi
Posisi talenan dekat dengan kompor ternyata dapat membantu mengurangi iritasi. Pasalnya hawa panas yang terjadi ternyata mampu mengurangi panas pada mata.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi