MENGATUR KEUANGAN SETELAH PUNYA BAYI

ibu-dan-bayi-yang-baru-dilahirkan-ilustrasi-_160107102345-652Anda mungkin ingin membeli sepasang sepatu baru setelah melahirkan karena berat badan kembali normal. Eit, tunggu dulu. Jangan lupa, bayi Anda menghabiskan uang lebih cepat dibandingkan ibunya.

Kehadiran seorang bayi tentu saja membuat orang tua perlu menganggarkan keuangan khusus. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan setelah memiliki anak? Berikut pemarapannya, dilansir dari Mother and Baby UK.

Susun bujet realistis

Ambil secarik kertas dan susun bujet pengeluaran kebutuhan bayi Anda setiap bulannya. Ini untuk memetakan penghasilan Anda supaya antara pendapatan dan pengeluaran seimbang, bahkan masih bisa menabung.

Mulai menabung

Jika Anda belum menabung, maka lakukan mulai sekarang. Nominal berapa pun tidak masalah, sebab simpanan akan sangat dibutuhkan dalam kondisi tertentu. Apalagi, Anda saat ini sudah diamanatkan seorang anak dari Tuhan.

Cerdas gunakan kartu kredit

Kartu kredit bisa membuat bujet Anda berantakan. Oleh karenanya cerdaslah menggunakan kartu kredit. Jika tidak diperlukan, sebaiknya uang plastik ini tidak digunakan.

Bayar utang

Jika Anda saat ini masih memiliki utang, maka lunasi utang itu segera saat buah hati Anda masih kecil. Utang hanya akan memengaruhi pengeluaran yang berujung pada masa depan putra putri Anda.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi