MENYONGSONG GRAND OPENING RBG YOGYA

KEBAHAGIAAN terpancar jelas di wajah Bidan Reni Hastuti Handayani. Kala itu masih cukup pagi, pukul 08.00 WIB tepat di hari Kamis (5/7). Di pangkuannya tergolek bayi mungil dengan tangisan melengking. Bayi laki-laki dengan bobot 3 kg dan panjang 50 cm itu baru saja lahir. Sang ibu dari bayi, Siti Muslimah (22 th) dengan badan masih lemah nampak tersenyum lebar. Senyum kebahagiaan yang tidak kalah lebar juga diekspresikan suaminya, Agus Supriyanto (22 th).

Reni merupakan bidan Rumah Bersalin Gratis (RBG) Rumah Zakat Indonesia Cabang Yogyakarta. Ia baru saja sangat sukses membantu persalinan seorang ibu yang merupakan member RBG. Dan bayi yang baru saja lahir itu adalah bayi pertama RBG yang beralamat di Jl. Parangtritis tersebut. Kelahiran bayi pertama rupanya segera diikuti oleh kelahiran bayi kedua, Sabtu (14/7). Kedua orang tua bayi yang dilahirkan kedua di RBG tersebut adalah Nia Kusniati (32) dan Aris Widodo (37). Bayi kedua ini juga laki-laki dengan bobot 2,9 kg dan panjang 40 cm.

RBG Yogya memang sudah mulai beroperasi memberikan layanan kepada masyarakat. Padahal Grand Opening baru akan dilakukan tanggal 29 Juli mendatang. Hal ini jelas merupakan bagian dari kepedualian RBG kepada masyarakat.. RBG memberikan layanan persalinan secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Agus Supriyanto dan Aris Widodo, misalnya, yang istrinya kemarin melahirkan di RBG masing-masing adalah berprofesi sebagai buruh dengan penghasilan yang tidak tetap.

Tim RBG Yogya sementara ini beranggotakan empat belas orang. Mereka adalah sebagai berikut; Ponco Sri Ariyanto (Manager), Maulina Nugraheni (Officer), Winda Apriyanti (Staf RBG), Siti Rosadah (Staf Depo Obat), Aprina Yusrinawati (Surveyor), Bagus Sulaksono (Driver Mobil Jenazah), Kasino (Driver Ambulance), Reni Hastuti Handayani (Bidan), Sugiyanti (Bidan), dr Hermilarsih (Dokter Umum (PJ BP & BPS)), dr. Sultoni (Dokter Umum), dr. Aliatul Muafiah (Dokter Umum), dr. Widuri Astuti (Dokter Umum), Eko Suharjono (Security).

Adapun layanan-layanan yang diberikan, adalah;

(1) Mom & Child Program memberikan beberapa layanan, sebagai berikut: Persalinan normal, Pemeriksaan kandungan, Imunisasi, KB, Pemeriksaan dan pengobatan Umum untuk Ibu dan Anak, Konsultasi Gizi Ibu dan Anak dan Khitanan Anak.

(2). Car Unit, memiliki beberapa layanan, yaitu:
a.) Ambulance Gratis: memberikan layanan pengantaran pasien ke tempat yang dituju dengan melakukan penanganan darurat dalam ambulance untuk pasien yang membutuhkan pertolongan.
b). Mobil Jenazah Gratis: memberikan layanan pengantaran jenazah gratis sampai ke pemakaman.

Sistem penerimaan pasien di RBG dilakukan sangat ketat. Hal ini untuk menjaga keamanahan agar layanan yang bersifat gratis ini tidak salah sasaran. Sistem penerimaan ini didasarkan pada dua hal, yaitu membership dan melalui survey.

(1) membership. Seseorang bisa mendaftarkan diri untuk menjadi member dengan usia kehamilan maksimal 7 bulan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dan mengetahui secara dini kemungkinan proses persalinan yang akan dilalui. Untuk menjadi member RBG, akan dipertimbangkan melalui dua kriteria utama, yaitu kriteria kesehatan dan kriteria demografis calon member (kriteria dhuafa).

Persyaratan member dari kriteria kesehatan secara umum adalah bahwa kondisi kesehatan ibu dan kehamilannya memungkinkan untuk melahirkan dengan normal. Adapun persyaratan demografis (kriteria dhuafa) untuk menjadi member RBG diantaranya, adalah; (a) Beragama Islam; (b) Sumber penghasilan kepala keluarga tidak lebih dari Rp 400.000,- (untuk kota kecil) dan Rp 600.000,- (untuk kota besar) dengan tanggungan minimal 2 orang; (c) Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 6m2 per-anggota keluarga yang lebih dari 13 tahun; (d) Tidak memiliki barang berharga yang dapat dijual dengan mudah minimal seharga Rp 500.000,-; (e) Hanya sanggup membeli baju satu potong dalam satu tahun untuk setiap anggota keluarga; (f). Tidak memiliki masalah sosial dalam kesehariannya

(2). Survey. Kegiatan survey dimaksudkan untuk meneliti secara langsung kondisi demografis calon member. Untuk mendapatkan informasi mengenai hal tersebut dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan metoda wawancara dan survey lapangan.

RBG Cabang Yogya merupakan salah satu rumpun program Rumah Zakat Indonesia yang dirancang sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin melalui layanan di bidang kesehatan dengan serangkaian medis dan non medis terpadu. Hal ini diharapkan dapat menjadi bentuk partisipasi dalam turut menyukseskan Program Indonesia Sehat 2010.

Hari-hari ini Yogya menyongsong grand opening RBG yang akan dilaksanakan tanggal 29 Juli mendatang. Semoga melalui RBG dengan berbagai layanan gratisnya yang amanah dan profesional, ke depan akan semakin banyak ibu yang dapat tersenyum lebar menyambut kelahiran putra-putrinya, sebagaimana senyum Siti Muslimah. (*)

Waluyo/Marketing Support Officer

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi