MOOD TIDAK STABIL MENANDAKAN GANGGUAN KEPRIBADIAN

Suasana hati adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi produktivitas seseorang. Walau begitu, sudah hal yang lumrah terkadang seseorang dapat mengalami suasana hati atau mood yang buruk. Namun, jika seseorang kerap mengalami perubahan yang drastis pada suasana hati, mungkin saja dirinya mengidap gangguan mental.

Seseorang yang mengalami mood tidak stabil mungkin saja mengidap gangguan kepribadian ambang. Pengidap gangguan ini dapat merasa senang, tetapi tidak lama setelah itu secara tiba-tiba marah-marah atau sedih. Untuk mengetahui hubungan antara mood yang tidak stabil dengan gangguan kepribadian ambang, simak ulasan berikut ini!

Gangguan Kepribadian Ambang dapat Timbulkan Gejala Suasana Hati Tidak Stabil

Borderline personality disorder, atau gangguan kepribadian ambang, adalah gangguan kesehatan mental yang dapat memengaruhi cara seseorang untuk berpikir dan perasaan tentang diri sendiri serta orang lain. Seseorang yang mengalami gangguan mental ini dapat menyebabkan banyak masalah pada kehidupan sehari-hari. Pengidapnya dapat mengalami masalah citra diri, sulit mengatur emosi dan perilaku, hingga masalah hubungan dengan orang lain.

Meski begitu, penyebab dari gangguan kepribadian ambang belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Disebutkan jika terdapat hubungan antara faktor genetik, psikologis, dan sosial yang pernah terjadi di masa lampau. Hal ini juga dapat menimbulkan dampak yang lebih berbahaya saat terjadi bersamaan dengan beberapa gangguan, seperti rasa cemas berlebih, depresi, hingga penggunaan obat-obatan terlarang.

Lalu, apa hubungan antara gangguan kepribadian ambang dengan mood tidak stabil?

Suasana hati tidak stabil atau mood swing adalah terjadinya perubahan suasana hati yang terjadi dengan cepat. Namun, jika perubahan suasana hati tersebut terjadi cukup sering dan telah mengganggu kehidupan sehari-hari, kemungkinan kamu mengidap borderline personality disorder. Memang, seseorang yang mengidap gangguan tersebut kerap menimbulkan perubahan suasana hati yang ekstrem.

Seseorang dengan gangguan kepribadian ambang kesulitan untuk mengontrol perasaannya, yang dapat terjadi bersamaan dengan kondisi impulsif, lebih mudah tersinggung, dan merusak hubungan di lingkungan sosialnya. Meski begitu, gangguan mental ini lebih umum terjadi pada wanita walaupun juga dapat terjadi pada pria. Maka dari itu, jika kamu mengalami masalah pada suasana hati, ada baiknya untuk mendapatkan pemeriksaan dari ahli medis.

sumber: halodoc.com

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia