OLAHRAGA PAGI ATAU MALAM, MANA YANG LEBIH BAIK?

Sebagian orang suka berolahraga di pagi hari, tapi tak sedikit yang memilih melakukannya pada sore atau bahkan malam hari. Sebenarnya, mana yang lebih baik dan memberikan manfaat optimal bagi tubuh?

Laman¬†Men’s Health¬†mengulas, yang terbaik adalah olahraga yang benar-benar Anda lakukan. Di luar segala perbandingan sains atau pendapat subjektif antara keduanya, hal paling utama adalah olahraga itu sendiri.

Kedua pilihan olahraga, baik pagi atau sore atau malam hari, sama-sama memberikan manfaat positif jika dilakukan dengan benar. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan olahraga dengan aktivitas lain yang Anda lakukan.

Kedua, opsi didukung fluktuasi hormon berbeda. Hormon testosteron pemberi energi otot cenderung tiga kali lebih tinggi saat pagi, sementara kortisol yang ‘memecah’ otot naik 75 persen kala pagi dan normal saat malam.

Olahraga pagi maupun malam juga sama-sama membuat seseorang tidur lebih nyenyak. Studi oleh Appalachian State Uni menunjukkan bahwa mereka yang olahraga rutin pukul tujuh pagi terlelap lebih cepat di malam hari.

Studi sama pun mendapati peserta yang melakukan olahraga gym di malam hari pun tidak bermasalah dengan tidur. Justru, aktivitas fisik memunculkan panas tubuh seperti mandi air hangat dan memicu tidur nyenyak.

Keuntungan olahraga pagi yaitu energi ekstra, lebih banyak testosteron (bagi pria), dan metabolisme yang lebih lancar. Sedangkan, olahraga malam memberi stamina maksimal dan meredakan stres.

Masih ragu memilih? Salah satu sosok terkenal yang biasa olahraga di pagi hari adalah Dwayne ‘The Rock’ Johnson (setiap pukul 04.30), sementara pelari Jamaika Usain Bolt kerap berolahraga sesudah matahari terbenam.

sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi