PEDULI LINGKUNGAN, RUMAH ZAKAT TANAM 1000 BERSAMA WARGA DESA HARAPAN, GORONTALO

GORONTALO. Peringati hari Hutan sedunia Relawan Rumah Zakat di Gorontalo menggelar aksi penanaman 1000 pohon di desa Harapan kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, Gorontalo (18/03). Desa harapan dengan enam dusun memiliki kondisi lingkungan dan hutan yang cukup baik. Namun, ada beberapa titik di dusun tersebut memiliki kondisi hutan yang memprihatinkan.

Bagaimana tidak, hutan yang dulu begitu lebat sekarang sudah gundul akibat penebangan dan berganti menjadi kebun tebu. Tentunya, hal ini mempunyai dampak positif maupun negatif bagi warga setempat. Padahal, hutan merupakan sumber daya alam yang dapat di manfaatkan secara positif, misalnya manfaat langsung yang dapat diperoleh dari hutan adalah kayu serta hasil hutan lainnya. Sedangkan manfaat tidak langsung yang diperoleh dari hutan adalah pengaturan tata air, reakreasi, pendidikan, kenyamanan lingkungan, udara yang bersih, mencegah terjadinya banjir dan lain-lain.

Sarmun Redi, Kepala Desa Harapan berharap melalui penanaman pohon ini, bisa menjadi langkah awal untuk merawat dan memelihara hutan agar tetap terjaga dengan baik. Juga berharap kepada warganya agar timbul kesadaran dari diri sendiri akan pentingnya menjaga dan memelihara hutan.

Ada berbagai jenis pohon yang di tanam oleh relawan bersama warga. Diantaranya 150 bibit pohon Nangka, 50 bibit pohon jambu batu, 150 bibit pohon sirsak , 200 bibit pohon mahoni , 200 bibit pohon tanjung, 100 bibit Pohon tranbesi , dan 150 bibit pohon Johar. Warga Desa Harapan pun sangat antusias menanam pohon bersama relawan dan mereka pun berharap apa yang mereka tanam hari ini bisa bermanfaat kelak di masa depan.

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Rumah Zakat. Karena dengan adanya 1000 bibit pohon ini, diharapkan bisa mengatasi banjir yang terjadi di desa kami,” tambah Sarmun.

Newsroom
Izzatul Yazid / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi