PEKAN BERBAGI SENYUM DI POSYANDU TUMBUH KEMBANG PEKANBARU

PEKANBARU. Klinik RBG RZ Pekanbaru melaksanakan kegiatan ‪#‎PekanBerbagi‬Senyum pada hari Kamis (18/02) pukul 09.00 WIB yang diadakan di Posyandu Tumbuh Berkembang beralamat di jalan bunga kertas kelurahan Harjosari Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Tema untuk Pekan Berbagi Senyum bulan Februari ini adalah “Relawan Kesehatan”.
Relawan Kesehatan yang ikut dalam kegiatan Pekan Berbagi Senyum kali ini adalah Tengku Putri Sholichah. Dalam kegiatan Pekan Berbagi Senyum di Posyandu Tumbuh Berkembang tersebut Tengku Putri Sholichah menjadi kader Posyandu bagian Pendaftaran.
PEKAN BERBAGI SENYUM DI POSYANDU TUMBUH KEMBANG PEKANBARU
Langkah ke Posyandu
Pelaksanaan kegiatan dikenal dengan nama “Sistem 5 Meja”, dimana kegiatan di masing-masing meja mempunyai kekhususan tersendiri. Sistem 5 meja tersebut tidak berarti bahwa Posyandu harus memiliki 5 buah meja untuk pelaksanaanya, tetapi kegiatan Posyandu harus mencakup 5 pokok kegiatan, berikut:
Meja 1 : Pendaftaran balita, ibu hamil, ibu menyusui
Meja 2 : Penimbangan balita
Meja 3 : Pencatatan hasil penimbangan
Meja 4 : Penyuluhan dan pelayanan gizi bagi ibu balita, ibu hamil dan ibu menyusui
Meja 5 : Pelayanan kesehatan, KB, imunisasi dan pojok oralit.

Sistem 5 meja tersebut tidak berarti bahwa Posyandu harus memiliki 5 buah meja untuk pelaksanaanya, tetapi kegiatan Posyandu harus mencakup 5 pokok kegiatan.

Tugas Meja 1 pendaftaran adalah sebagai berikut:
1. Pendaftaran Balita
Balita didaftar dalam formulir pencatatan balita
Bila anak sudah memiliki KMS, berarti bulan lalu anak sudah ditimbang. Minta KMSnya, namanya dicatat pada secarik kertas. Kertas ini diselipkan di KMS, kemudian ibu balita diminta membawa anaknya menuju tempat penimbangan.
Bila anak belum punya KMS, berarti baru bulan ini ikut penimbangan atau KMS lamanya hilang. Ambil KMS baru, kolomnya diisi secara lengkap, nama anak dicatat pada secarik kertas. Secarik kertas ini diselipkan di KMS, kemudian ibu balita diminta membawa anaknya ke tempat penimbangan.
2. Pendaftaran ibu hamil
Ibu hamil didaftar dalam formulir catatan untuk ibu hamil.
Ibu hamil yang tidak membawa balita diminta langsung menuju ke meja 4 untuk mendapat pelayanan gizi oleh kader serta pelayanan oleh petugas kesehatan di meja 5.

Ibu yang belum menjadi peserta KB dicatat namanya pada secarik kertas, dan ibu menyerahkan kertas itu langsung kepada petugas kesehatan di meja 5. Setelah mengikuti Kegiatan Pekan Berbagi Senyum ini, Tengku Putri Sholichah mengatakan Perasaan setelah ikut kegiatan ini senang pastinya.

“Dari kegiatan Pekan Berbagi Senyum di posyandu Tumbuh Berkembang Putri jadi belajar sosialisasi, ketemu orang-orang baru, dapat ilmu juga dari ibu bidannya kemudian Trus belajar sedikit tentang pelaksanaan posyandu yang baik dan tertib itu harusnya seperti apa,” ungkap Putri.***

Newsroom/Tengku Putri Sholichah
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi