PELAJARAN DARI PERANG HUNAIN

PerangSetelah nyaris kalah, pasukan kaum Muslim akhirnya meraih kemenangan dalam Perang Hunain. Dr Akram Dhiya al-Umuri dalam Shahih Sirah Nabawi menjelaskan, dalam pertempuran itu, Rasulullah SAW mengingatkan dengan tegas agar kaum Muslim tak melukai apalagi membunuh kaum perempuan dan anak-anak dari pihak musuh.

Dalam perang itu, kaum Muslim mendapatkan harta rampasan yang sangat besar dan melimpah. Dalam riwayat Sa’id bin al-Musayyib disebutkan, jumlah harta rampasan Perang Hunain itu terdiri dari 4.000 uqiyah (1 uqiyah setara 12 dirham atau koin perak). Selain itu, disita 24 ribu ekor unta dan 40 ribu ekor kambing, serta kuda, sapi, dan keledai yang jumlahnya tak disebutkan dalam sejarah Islam.

Diriwayatkan oleh Sa’id bin Janadah RA, ia berkata, Tatkala Rasulullah SAW dan para sahabat kembali dari Perang Hunain, kami singgah di satu padang tandus. Lalu Nabi SAW bersabda, Kumpulkanlah oleh kalian apa saja. Barang siapa di antara kalian mendapatkan sesuatu, bawalah kemari. Barang siapa menemukan tulang atau gigi, bawalah kemari.

Said melanjutkan, Dalam waktu sekejap, kami telah berhasil mengumpulkan setumpukan besar benda-benda. Kemudian Rasulullah bersabda, Tidaklah kalian lihat benda-benda ini? Begitu juga halnya dosa-dosa yang berkumpul pada salah seorang kalian.

Seperti apa yang telah kalian kumpulkan ini. Karena itu, hendaklah orang takut kepada Allah. Janganlah ia berbuat dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar, karena semuanya akan dihitung.

Jumlah tentara kaum Muslim yang wafat atau sahid dalam Perang Hunain, menurut Dr Akram, hanya empat orang. Beberapa sahabat Nabi SAW seperti Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, serta Khalid bin Walid mengalami luka-luka saja.

Perang Hunain sangat kaya akan pelajaran dan hikmah. Salah satunya adalah jumlah pasukan yang besar belum tentu menang jika tak menyandarkan pertolongan kepada Allah SWT. Namun, jika seorang Muslim berjuang di jalan Allah, Sang Khalik akan menolongnya. Allah SWT berfirman, Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu. (QS Muhammad : 9).

 
Sumber: Republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi