PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI

Salam,
SALAM PERUBAHAN

NOW IS THE TIME

7 Tahun sudah Rumah Zakat Indonesia berdiri, begitu banyak prestasi gemilang yang yang di catatkan, mulai dari pertumbuhan dana yang spektakuler dan penyebaran jaringan yang rasanya layak untuk masuk ke rekor MURI dalam bab pertumbuhan jaringan tercepat (dari tahun 1998-Nov 2005 tercatat 28 Kantor cabang dan perwakilan, dengan pertumbuhan jaringan terbanyak pada periode Mei-Juli 2005 sebanyak 21 kantor), begitupun dengan pertumbuhan amilnya

Dengan pertumbuhan dana, jaringan dan amil yang ada ternyata membuat manajemen berfikir keras bagaimana untuk mengelola lembaga ini dengan lebih efektif dan efisien. Tentu ada perbedaan mengelola satu, dua, tiga atau tujuh kantor dengan 28 kantor, butuh alat bantu untuk mengelolanya. Kalo dulu nabi Sulaiman mempergunakan burung hud-hud untuk mengetahui kondisi kerajaan Saba maka kini jawabannya adalah dengan menerapkan teknologi informasi, untuk mengetahui kondisi cabang dan perwakilan secara real time online. Tanpa mengalami keterlambatan informasi bahkan sampai 3 bulan.

Ternyata penerapan teknologi informasi yang di mulai pada bulan Agustus 2005 dengan dukungan dari PT Lintas Arta Aplikanusa memberikan stimulus untuk tata kelola lembaga yang semakin profesional. Hal ini merupakan dampak di terapkannya jaringan, dan aplikasi yang online realtime. Dalam beberapa referensi tentang penerapan teknologi informasi, penerapan TI memiliki dua sisi pedang yang berbeda, sisi yang pertama adalah sisi efisiensi efektifitas dan kecepatan informasi, dan sisi kedua ada kemubaziran dengan investasi yang besar informasi yang di dapatkan tidak seakurat yang diharapkan. Lebih dari 80% penerapan erp (baca penerapan TI) adalah gagal, disebabkan orang dan budaya kerjanya.Oleh karena itu dengan adanya penerapan teknologi yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat, perlu dibarengi dengan perubahan budaya kerja kita.

Now is time, kini saatnya kita melakukan perubahan yang mendasar tentang tata kelola lembaga kita dengan tata kelola yang profesional yang berorientasi pada bisnis sehingga mengedepankan efektifitas dan efisiensi.

Selamat datang di era baru dan selamat menikmati pesta perubahan yang sedang dilaksanakan mudah mudahan menjadi pesta perubahan yang baik, nice dancing party.

SALAM PERUBAHAN

-VDE-

Tags :
Konfirmasi Donasi