PENYEBAB KULIT KERING DAN CARA MENGATASINYA

106-Penyebab-Kulit-Kering-dan-Cara-MengatasinyaKulit kering memang bukan masalah kulit yang serius. Namun kulit kering bikin nggak nyaman karena bisa muncul garis-garis halus dan kerutan. Apa saja yang bikin kulit menjadi kering?

1. Cuaca

Kulit kering sangat rentan terjadi saat suhu dan tingkat kelembapan menurun, alias di musim dingin. Bisa juga saat suhu tinggi alias sangat panas, tapi kelembapan sangat rendah.

2. Mandi dengan air panas

Terlalu lama mandi dengan air panas juga bisa membuat kulit kering, karena suhu yang panas membuat minyak alami kulit makin cepat kering.

3. Sabun yang terlalu keras

Sabun atau detergen yang terlalu keras bisa menghilangkan kelembapan kulit, karena kandungan pada sabun membuang minyak alami tubuh.

4. Sinar matahari

Sinar matahari yang terlalu menyengat juga bisa membuat kulit kering, karena sinar UV yang menyerang lapisan paling luar kulit.

5. Terlalu sering membersihkan wajah

Membersihkan wajah memang penting untuk mengangkat debu dan kotoran dari kulit wajah. Tetapi, nggak usaha keseringan, karena terlalu sering akan membuat kulit wajah kering dan bersisik. Begitu juga kalau keseringan melakukan perawatan scrub, bisa membuat kulit tidak sempat beregenerasi karena tergerus oleh scrub.

6. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC

Udara dingin yang dikeluarkan AC tidak mengandung air dan cenderung menyerap kelembapan lingkungan. AC juga menyerap dan mengeringkan air dalam tubuh, sehingga membuat lapisan kulit menjadi kering. Sebaiknya, bila berada di ruangan AC seharian, tetap luangkan waktu untuk keluar agar tubuh bisa berkeringat.

Cara mudah untuk mengatasi kulit kering ini adalah dengan mengubah gaya hidup yang salah, yaitu:

– Pastikan mandi setiap hari, tetapi jangan terlalu sering. Usahakan waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit.

– Gunakan sabun yang mengandung pelembap untuk menjaga kesegaran kulit. Atau gunakan pelembap setelah mandi.

– Gunakan handuk yang halus untuk mengeringkan badan dan jangan menggosok kulit dengan alat yang keras.

– Hindari panas atau paparan sinar matahari secara langsung.

– Cukupi kebutuhan cairan setiap hari, sebanyak 2-3 liter sehari.

– Cukupi kebutuhan waktu tidur, karena kurang tidur bisa menghambat regenerasi kulit.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi