PROGRAM PHBS MENGUDARA DI PEKANBARU

RZ_PHBS_Pekanbaru2PEKANBARU. Mengawali event Hari Tanpa tembakau Sedunia (HTTS), tim Rumah Bersalin Sehat Keluarga Pekanbaru meluncurkan program edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat Rumah tangga melalui radio Cendana 102,6 FM yang disiarkan langsung Senin, (13/5). Dipandu tim Rumah Bersalin Sehat Keluarga Pekanbaru yaitu Saripah dan H. Nizamuddin, talkshow berdurasi satu jam berlangsung komunikatif.

Kegiatan yang berlangsung rutin sekali sebulan ini menjadi sarana pembinaan PHBS kepada masyarakat Pekanbaru khususnya pendengar setia Cendana 102,6 FM. Materi PHBS yang disampaikan lebih menitikberatkan pada point tidak merokok di dalam rumah. Selain itu juga disampaikan bagaimana tips berhenti merokok bagi pendengar yang sangat ingin berhenti namun belum tahu caranya.

Bagaimana cara Berhenti Merokok? Berikut tips yang disampaikan dalam pembinaan PHBS : Ada 3 cara berhenti merokok, yaitu Berhenti Seketika, Menunda dan Mengurangi. Seketika Cara ini biasanya paling berhasil, pada saat ingin berhenti merokok maka perokok dapat memilih untuk berhenti seketika. Bagi perokok berat adakalanya membutuhkan bantuan tenaga medis untuk mengatasi efek ketagihan karena rokok mengandung zat adiktif. Menunda Perokok dapat melakukan terapi dengan cara menunda menghisap rokok pertamanya selama 2 jam. Dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Misal hari 1 aktivitas merokok dimulai pukul 09.00 WIB maka di hari selanjutnya aktivitas merokok baru dimulai pada pukul 11.00 WIB dan seterusnya hingga 7 hari. Mengurangi Jumlah rokok yang diisap setiap hari dikurangi ddengan jumlah yang telah ditargetkan hingga sampai pada angka 0 (nol). Misal perokok dengan kebiasaan merokok 28 batang sehari dapat berhenti dalam jangka waktu terapi 7 hari, jika mengurangi 4 batang rokok per hari secara konsisten.*** Newsroom/Emi Susanti Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi