PROGRESIF, MEMBER RZ PELAJARI MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS

PROGRESIF, MEMBER RZ PELAJARI MANAJEMEN KEUANGAN BISNISLIMA PULUH KOTA. RZ Padang menggelar pembinaan wirausaha kepada para member binaan RZ di Jembatan Kelok 9, Nagari Sari Lamak, Kabupaten Lima Puluh, Kota Sumatera Barat pada Kamis (17/02). Sebanyak 7 member binaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan edukasi kali ini.

Tidak seperti biasanya kegiatan kali ini sengaja dilakukan di luar Kota Padang untuk mengembangkan wawasan wirausaha member binaan RZ. Adapun jarak tempuh perjalanan yaitu kurang lebih selama 3 jam dari Kota Padang.

Dalam edukasi wirausaha ini Narasumber didatangkan dari Kota Padang, yaitu Jeffy Aldi, S.E yang merupakan mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi Kampus Universitas Bung Hatta yang memberikan materi mengenai manajemen keuangan bisnis. Banyak dari member binaan yang sering mencampur adukkan modal usaha dengan biaya kebutuhan sehari-hari sehingga untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang jelas maka perlu diberikan materi ini secara berkala.

“Dalam menjalankan sebuah usaha hal yang penting bagi seseorang pelaku usaha tentunya laba atau keuntungan. Untuk mengatur keuangan dalam suatu usaha maka diperlukan suatu catatan pembukuan dan arus kas serta keluar masuknya uang. Jika uang yang kita anggap modal itu dipakai untuk keperluan sehari-hari, maka itu harus dianggap hutang walaupun kita sendiri pemilik uangnya,” tutur Jeffy.

“Nah ibu-ibu disini sangat perlu mencatat itu semua bahkan nominal yang paling kecilpun jika ibu-ibu pakai untuk kebutuhan di luar usaha maka itu harus dicatat jangan sampai tidak,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, usai kegiatan member binaan juga diajak untuk mengunjungi Pusat Oleh-Oleh Khas Bukittinggi, seperti kerupuk sanjai yang merupakan makanan kering khas daerah Bukittinggi. Member binaan pun ikut berdiskusi bersama pemilik usaha kerupuk sanjai mengenai pengalaman dalam menjalankan usaha sehingga terus mempertahankan usahanya hingga berkembang dan dikenal luas oleh wisatawan baik dari Sumatera Barat maupun dari luar Sumatera Barat.

“Saya sangat senang dengan kegitan kali ini, ada banyak ilmu yang saya dapatkan baik dari teori manajemen keuangan bisnis maupun dari pengalaman-pengalaman langsung pengusaha di daerah ini. Saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut agar saya dan ibu-ibu lain juga menjadi pengusaha yang sukses,” ungkap Sefria Nofita, salah satu member binaan.

Newsroom/Rino Saputra
Lima Puluh Kota

Tags :
Konfirmasi Donasi