PUASA TIDAK TURUNKAN KUALITAS ASI

Kamu saat ini masih dalam status sebagai ibu menyusui? Kami acungkan jempol untuk kamu yang menyusui dan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan ini. Sebab menurut dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik, tidaklah berkurang kualitas dan kuantitas ASI ketika berpuasa.

“Puasa tidak mengurangi kualitas dan kuantitas ASI, tapi semua ini tergantung dari asupan nutrisi si ibu sendiri,” ujar dr.Dian dalam talkshow ‘Mudik Nyaman Bunda Bersama si Kecil’ di bilangan Jakarta Selatan, Senin (5/6).

Ibu menyusui yang ingin berpuasa adalah dia yang memiliki kesehatan yang prima dan asupan nutrisi yang baik. Namun, kamu yang masih menyusui ekslusif untuk anak usia 0 – 6 bulan sama sekali tidak direkomendasikan berpuasa.

“Karena si kecil tidak memiliki asupan makanan lain selain dari ASI, maka ibu yang masih ASI ekslusif tidak disarankan berpuasa. Tapi kalau si kecil sudah MPASI silakan saja berpuasa karena dia sudah memiliki asupan selain ASI,” tambah dr.Dian lagi.

Untuk menunjang kualitas ASI, kamu dianjurkan mengasup makanan sehat yang kaya serat, vitamin, dan protein. Hindari memakan panganan mengandung gula saat sahur karena akan membuat tubuh cepat menyerap kandungannya sehingga lekas merasa lapar lagi.

Khusus untuk ibu yang ingin mudik, berarti harus ada persiapan khusus untuk menyiapkan ASI dan makanan sepanjang perjalanan. Cobalah tahan nafsu kamu untuk membawa camilan yang manis dan instan.

“Ganti dengan buah potong atau sushi yang saat ini mudah dibuat. Jika pun harus membeli yang instan, usahakan makanan yang sehat,” tutur dr.Dian.

 

Sumber: Vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi