RELAWAN RUMAH ZAKAT GELAR KAMPANYE AYO BANGUN DESA

PONOROGO. Selasa, (18/07) relawan Rumah Zakat bekerjasama dengan Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Kauman Ponorogo memulai kampanye “Ayo Membangun Desa” yang berada di wilayah binaan Desa Berdaya Morosari Sukorejo. Kegiatan kampanye tersebut bertepatan dengan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2017-2018.

Kedatangan relawan Rumah Zakat disambut positif oleh Wakasek Kesiswaan, Rustam Efendi dan Pembina Osis, Nanik Iswahyuni. Dalam sambutannya, Rustam Efendi menyampaikan, “Seluruh siswa yang bersekolah disini berasal dari desa. Menurut ahli, siapa yang berhasil membangun desa, berarti sama saja berhasil membangun Indonesia. Hari ini kita sengaja undang Amah Hida, seorang fasilitator pemberdayaan masyarakat desa. Semoga dengan adanya Amah yang akan menceritakan berbagai pengalamannya, anak-anak bisa termotivasi agar lebih semangat belajarnya, sehingga bisa menjadi orang yang sukses dan bisa membangun desanya masing-masing,” jelas Rustam Efendi.

Amah Hida menyampaikan tentang suka dukanya bekerja menjadi pendamping pemberdayaan masyarakat desa. “”Kota memang punya banyak hal yang menjadi magnet bagi anak muda, tapi ketahuilah Nak, di desa kita telah tersedia seluruh sumber daya yang kita butuhkan untuk membangun. Tinggal bagaimana kita jeli dan bersungguh-sungguh memaksimalkan potensi desa kita,” paparnya.

Selain itu, Amah Hida juga menunjukkan profil para pemberdaya desa di Indonesia, data-data perkembangan desa, foto dan video dokumentasi kegiatan masyarakat Desa Berdaya Morosari. Amah Hidapun memberikan tantangan kepada siswa untuk berorasi singkat mengenai “Peran Pemuda Dalam Pembangunan Desa.” Dari tantangan tersebut, Wahyu (16 thn) terpilih sebagai pemenangnya, iapun mendapatkan hadiah berupa paket alat tulis yang diberikan langsung oleh Winda Shaliha, Ketua Pelaksana MPLS.

Kepada seluruh peserta, Amah Hida menyampaikan pesan untuk tidak kehilangan rasa percaya diri meskipun berada di desa. Diakhir acara, Ketua OSIS, Muhammad Ihsan menyampaikan rasa gembiranya atas kehadiran Relawan Rumah Zakat yang sudah memberikan pencerahan. “Materi dan motivasi yang diberikan Amah Hida sangat berbeda, sangat menarik, dan menyadarkan kami akan pentingnya membangun desa. Terima kasih, Amah Hida dan selamat melanjutkan tugasnya untuk berbagi inspirasi”, ujarnya.

Newsroom/Dian Ekawati

Ponorogo

 

Tags :
Konfirmasi Donasi