RELAWAN RZ BANTU KORBAN BANJIR PADANG

RELAWAN RZ BANTU KORBAN BANJIR PADANGPADANG. Sebanyak 4 orang relawan RZ (Rumah Zakat) cabang Padang menyalurkan bantuan ke lokasi banjir di Tarandam Solok Selatan. Para relawan dikerahkan guna meninjau lokasi bencana banjir bandang yang terjadi akibat luapan sungai Batang Bangko dan Batang Suliki.

Banjir yang terjadi pada Senin (8/2), pukul 04:00 wib ini telah merendam 750 rumah warga. Kampung Tarandam merupakan titik terparah akibat luapan dua sungai tersebut.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa 100 kg beras, 100 kaleng susu, 100 kaleng sarden, 100 selimut, 50 kg gula, dan 10 dus air mineral, dan 100 kornet Superqurban. Selain meninjau lokasi banjir, dengan alat seadanya, para relawan juga turut membantu membersihkan dan memperbaiki saluran air bersih warga yang rusak.

“Tingginya curah hujan menjadi pemicu bencana ini. Banjir mulai masuk ke pemukiman warga secara perlahan, selang beberapa menit kemudian air becampur lumpur masuk ke dalam rumah-rumah warga dengan kedalaman hingga dada orang dewasa,” papar Fauzan, Koordinator Relawan RZ cabang Padang, Rabu (10/2).

Selain memberi bantuan di Padang, sebanyak 3 orang relawan RZ cabang Medan turut membantu evakuasi korban banjir yang terjadi hampir di semua wilayah Kota Medan yakni Kp. Lalang, Sei Mencirim, Payageli, dan Kelambir. Evakuasi ini dilakukan karena banyaknya korban yang masih tertahan di rumahnya masing-masing dan belum sempat dievakuasi.

“Alhamdulillah, relawan RZ Medan bergerak cepat dalam merespon banjir. Saat menuju lokasi, kami sedikit mengalami kesulitan dikarenakan kurangnya transportasi yang mendukung. Akhirnya kami bergerak menuju Posko Bencana BNPB Prov. Sumatera Utara bersinergi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Deli Serdang, untuk membantu mengevakuasi korban banjir. Selain itu kami juga menyalurkan 100 kornet Superqurban kepada para pengungsi,” papar Fadli Rahman Marunduri, Relawan RZ cabang Medan.***

Newsroom/Surianto
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi