RELAWAN RZ PADANG SAMBUT PENERUS ESTAFET PERJUANGAN

relawan-rz-padang-sambut-penerus-estafet-perjuanganPADANG. Pendidikan Dasar (Diksar) Relawan RZ Padang telah usai digelar. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada (08/12) hingga (11/12) bertempat di daerah Air Dingin, Padang.

Pada hari Kamis (08/12) dilakukan pelepasan Calon Relawan (Carel) tahun 2016 di Kantor RZ Padang. Carel berangkat ke lokasi menggunakan Bis Kota kemudian long march -+ 2 km ke lokasi bumi perkemahan.

Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan Diksar dengan pemasangan bendera merah putih dan bendera RZ. Selama 4 hari Carel mendapatkan beberapa materi diantaranya Tali temali, Teknik Survival, Manajemen Posko, PPGD, ESAR, Dapur Umum, Navigasi Darat, Teknik Evakuasi dan Kajian Relawan.

Materi yang disampaikan dalam Diksar pada malam harinya dilakukan evaluasi bersama antara Pelatih dan Carel. Banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran selama Diksar diantaranya mengajarkan kekompakan, disiplin, peduli, terlatih, siap siaga, kebersamaan, serta perjuangan.

Di hari terakhir Diksar (11/12) dilakukan simulasi terhadap materi – materi yang disampaikan yaitu dengan memberikan studi kasus “Orang Hilang”. Di kegiatan simulasi ini dapat dilihat seberapa besar pemahaman Calon Relawan terhadap materi – materi yang diberikan. Selama kegiatan simulasi berlansung, pelatih terus melakukan pemantauan. Setelah selesai dilakukan penilaian terhadap kasus yang ditangani oleh Carel.

Selama 4 hari lokasi Diksar diguyur hujan, akan tetapi Carel yang mengikuti Diksar tetap bersemangat dan menjaga kekompakan. Minggu (11/12), sekitar pukul 00.00 WIB dilaksanakan malam tradisi. Tujuannya adalah untuk mengingatkan akan kematian.

Di akhir kegiatan Diksar, Carel diminta merayap di atas lumpur, kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencari slayer yang disembunyikan oleh pelatih, setelah masing – masing keĺompok mendapatkan slayer, maka akan dilakukan proses pengukuhan relawan angkatan 2016.

Proses pengukuhan 19 orang Carel dilaksanakan sekitar pukul 17.00 WIB, mereka kemudian dikukuhkan oleh Branch Manajer RZ Padang, Rama Nanda. Selanjutnya dilakukan pemasangan slayer oleh pelatih kepada Carel sebagai pertanda bahwa mereka telah resmi menjadi Relawan RZ Padang.

“Terima kasih banyak kepada panitia yang telah mengadakan Diksar 2016, semoga apa – apa yang dilakukan mendapat balasan di sisi Allah serta dimudahkan-Nya segala urusan. Saya sangat berharap bahwa kita selalu menjaga kekompakan, semangat, dan rasa kekeluargaan dimana pun kita berada. Setiap ilmu yang telah kita peroleh, mari kita amalkan agar memberi manfaat, karena muslim yang baik adalah yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain, “Ucap Gustomi Shofarrudin, peserta Diksar tahun 2016.

Newsroom/Razi
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi