RELAWAN RZ PEKANBARU PERDALAM PENGETAHUAN TENTANG PHBS

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Sebagai salah satu sarana meningkatkan kapasitas dan skill Relawan RZ Pekanbaru rutin melaksanakan kampus relawan setiap bulannya. Dan pada bulan ini, kampus relawan mengambil tema Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sekolah yang dilaksanakan di Klinik RBG Pekanbaru, Sabtu (11/04) pagi.

Al Razi Izzatul Yazid, selaku koordinator relawan RZ Pekanbaru mengatakan bahwasanya kegiatan kampus relawan yang rutin dilaksanakan tiap bulannya bertujuan setiap relawan memiliki kecakapan dalam segala bidang baik mengenai kesiapsiagaan bencana hingga mengenai kesehatan lingkungan sekalipun.

Pada bulan ini mengambil tema PHBS keluarga agar relawan memahami apa saja standarisasi PHBS di Sekolah dan bagaimana turun ke lapangan untuk memberikan pemahaman PHBS bagi anak-anak sekolah dan masyarakat.

Kegiatan yang diikuti 11 orang relawan RZ Pekanbaru mengundang pemateri seorang dosen Program Studi Keperawatan Universitas Riau, Ibu Ns. Ari Pristiana Dewi, M.Kep.

Pemateri memaparkan beberapa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Institusi. Secara umum terdapat 4 kategori PHBS yakni Rumah, Sekolah, Kantor dan Pasar.

Dalam kesempatan ini, PHBS yang dibahas dikhususkan kepada PHBS di sekolah. Ibu Dewi memaparkan 8 indikator PHBS Sekolah yakni, mencuci tangan pakai sabun, konsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak meroko di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, serta membuang sampah pada tempatnya.

Selanjutnya, Ibu Dewi menyampaikan dalam hal menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat perlu adanya penyesuaian kegiatan yang dilakukan di masing-masing tingkatan sekolah dari SD hingga SMA. Dan perlu dibuat kebijakan PHBS di sekolah maupun pembentukan kelompok kerja penyusun kebijakan PHBS di sekolah serta melengkapi infrastruktur di sekolah.

Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan diskusi peserta dengan pemateri, terdapat beberapa peserta dari relawan RZ Pekanbaru mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputaran pemaparan materi yang disampaikan. Kegiatan kampus relawan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri dan berfoto bersama.***

Sumber : http://utusanriau.co/?%2Fdet%2F12960%2Frelawan-rz-pekanbaru-perdalam-pengetahuan-tentang%2F2015-04-11#sthash.niN3O7t4.dpuf

Tags :
Konfirmasi Donasi