RUMAH ZAKAT BERIKAN BANTUAN MESIN POMPA AIR UNTUK WARGA

Rumah Zakat melalui relawan Desa Berdaya Seren memberikan bantuan berupa 1 unit mesin diesel pompa air berikut selang untuk mengairi sumur warga.

PURWOREJO, RUMAH ZAKAT – Kekeringan yang terjadi di setiap musim kemarau menyebabkan sebagian warga Desa Seren, Kecamatan Gebang terpaksa memanfaatkan air sungai untuk kegiatan MCK. Seperti halnya dilakukan Yulianti yang biasa mencuci baju di sungai Dulang.

Tentu saja hal ini tidak sehat karena sungai sering menjadi ujung pembuangan air limbah rumah tangga, juga menjadi tempat orang orang yang tidak bertanggungjawab dalam membuang sampah.

Selain itu sungai juga menjadi tempat untuk mandi oleh sebagian warga. Mereka menahan rasa malu karena untuk mengangkut air sampai rumah menjadi sesuatu yang menyulitkan, karena harus menaiki tebing yang curam dan licin ketika terkena limpahan air dari ember.

Bagi sebagian warga yang mampu secara finansial, bisa membayar jasa sedot air sungai untuk diresapkan ke sumur sampai sumurnya penuh kembali. Biasanya satu kali sedot bisa untuk kebutuhan air selama seminggu.

Karena kondisi tersebut, Minggu (06/09) Rumah Zakat melalui relawan Desa Berdaya Seren memberikan bantuan berupa 1 unit mesin diesel pompa air berikut selang untuk mengairi sumur warga dan juga bisa memungkinkan untuk mengairi sawah tadah hujan agar tidak gagal panen.

Newsroom

Anantiyo Widodo/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia