RUMAH ZAKAT DIRIKAN POSKO KEMANUSIAAN UNTUK PENGUNGSI GUNUNG AGUNG

BALI. Rabu (27/09), Meningkatnya aktifitas Gunung Agung membuat warga yang tinggal di sekitaran Gunung Agung mengungsi, berdasarkan data yang dirilis oleh Pusdalops BPBD Bali hingga saat ini jumlah pengungsi terus meningkat, tercatat pada (26/09) jumlah pengungsi mencapai 48.540 jiwa yang tersebar di 301 titik pengungsian dan pada hari ini (27/09) pengungsi bertambah menjadi 75.673 jiwa yang tersebar di 377 titik pengungsian di 9 kota/kabupaten di Bali.

Sejak Selasa (26/09), tim Relawan Rumah Zakat telah mendirikan Posko Kemanusiaan di Masjid Nurul Huda Gelgel, Kp. Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Setelah sebelumnya mendirikan Posko Kemanusiaan di Masjid Al-Hikmah Buitan, Kecamatan Karangasem.

Pemindahan posko dilakukan karena pengungsi di posko sebelumnya sudah dipindahkan ke beberapa posko. BPBD Bali memang sedang melakukan pengaturan pos pengungsian, agar lebih tertata mengingat jumlah pengungsi yang meningkat jumlahnya. Adapun kegiatan Posko Kemanusiaan Rumah Zakat pagi ini (27/09) adalah melakukan persiapan suplai logistik Dapur Umum.

“Dapur Umum insya Allah mensuplai minimal 370 paket makanan per satu kali masak. Tim akan langsung mendistribusikan makanan untuk memudahkan para pengungsi,” jelas Dika sebagai koordinator Aksi Peduli Bencana Gunung Agung.

Selain mendirikan posko baru, dan melakukan persiapan logistik untuk dapur umum, sejak Posko Kemanusiaan didirikan sebagian tim Relawan juga menyelenggarakan kegiatan bermain sambil belajar bersama anak-anak pengungsi Kampung Glegel.

“Kami mengajak mereka bermain sambil belajar agar mereka kembali ceria dan tidak merasa bosan di pos pengungsian,” ujar Bagas, Relawan Rumah Zakat.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah

Bali

 

Tags :
Konfirmasi Donasi