RUMAH ZAKAT LAKUKAN PENYULUHAN KANKER PAYUDARA DI WIRONANGGAN

SUKOHARJO. Kanker payudara adalah jenis kanker yang sudah lama mengintai kesehatan wanita Indonesia. Mencegah dan memberikan pembinaan perlu dilakukan agar masyarakat lebih sadar akan bahayanya penyakit tersebut mengancam siapapun. Fasilitator Rumah Zakat mengadakan penyuluhan kanker payudara dalam program pembinaan masyarakat di Balaidesa Wironanggan, Kec. Gatak, Kab. Sukaharo, Jawa Tengah.

Materi penyuluhan kanker payudara di sampaikan oleh dr. Yuni Alam Romadhon, Sp. PK. Sebanyak 80 orang mayoritas ibu-ibu PKK dan anggota majelis taklim, Minggu (17.12.2017) lalu.

“Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita seorang wanita. Namun demikian kaum pria juga bisa terserang kanker payudara. Walaupun kemungkinannya lebih kecil dari wanita. Sekitar 1 dibanding 1000. Pengobatan paling lazim yaitu dengan pembedahan, dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi,” tutur dr Yuni dalam materi penyuluhannya.

Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya. Sehingga liar dan mengalami pertumbuhan yang tidak normal , cepat dan tidak terkendali.

Selain itu kanker payudara didefinisikan sebagi penyakit neoplasma yang ganas berasal dari perenchima . Penyakit ini penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun gejalannya bisa di identifikasi secara dini. Oleh sebab itu siapapun kita harus jeli terhadap perubahan diri pribadi atau SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

Dengan kemampuan sadari diharapkan penyakit yang bisa terdeteksi awal bisa segera diobati sehingga sel kanker segera dimusnahkan. “ Menjaga kesehatan masyarakat merupakan program Rumah Zakat. Selain itu, program pendidikan, bantuan modal usaha dan kepedulian lingkungan menjadi perhatian Rumah Zakat untuk membahagiakan serta memberdayakan masyarakat. Semoga penyuluhan ini dapat meningkatkan kesadaran dan manfaat besar bagi masyarakat,” tutur Titi Rahayu fasilitaro Rumah Zakat.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi
Sukoharjo

Tags :
Konfirmasi Donasi