RUMAH ZAKAT SALURKAN 50.000 LITER AIR BERSIH UNTUK BANTU WARGA TERDAMPAK KEKERINGAN

Sebanyak 50.000 liter bantuan air bersih dari Rumah Zakat diberikan kepada 72 KK di Dusun Bangampel, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI, RUMAH ZAKAT – Penyaluran air bersih kembail dilaksanakan di Dusun Bangampel, Desa Gendayakan, Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 50.000 liter bantuan air bersih dari Rumah Zakat diberikan kepada 72 KK pada Minggu (20/09).

Desa Gendayakan menjadi salah satu daerah bagian selatan kabupaten Wonogiri yang mengalami kekeringan air pada  musim kemarau karena tidak adanya sumber mata air .

Selain para donatur , pemerintah juga telah berusaha untuk menangani masalah kekeringan ini. Diantaranya  dengan pembangunan embung telaga di beberapa titik di Desa Gendayakan, dimana embung telaga atau bak penampung air ini salah satu fungsinya adalah untuk menampung air ketika musim penghujan tiba, sehingga air  tersebut bisa digunakan masyarakat ketika musim kemarau tiba.

Selain embung, pada tahun 2012  juga  mendapatkan projek dari APBN untuk pembuatan sumur bor  dengan kedalaman kurang lebih seratus meter Akan tetapi hasilnya gagal, sumur yang telah dibor beberapa meter ini tetap saja tidak memunculkan sumber air. Alhasil projek ini pun tidak bisa dilanjutkan.

Penyaluran bantuan air bersih dari Rumah Zakat kepada masyarakat Dusun Bangampe membuat masyarakat bahagia dan cukup terbantu dengan adanya bantuan ini. Pasalnya, air bersih di musim kemarau seperti saat ini bagi masyarakat begitu berharga.

Masyarakat yang notabene bermata pencaharian sebagai petani rela menjual berkilo-kilo hasil panennya untuk membeli air bersih di kala kemarau melanda, bahkan terkadang mereka pun terpaksa menjual ternaknya ketika musim paceklik demi memenuhi kebutuhan air bersih ketika musim kemarau melanda.

Newsroom

Izzatul Yazid/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia