RUMAH ZAKAT SOLO HADIRKAN MOBIL JUARA

RZ_2013-06-04-BALON LAUNCHING-SOLOSOLO. Rumah Zakat cabang Solo kembali menghadirkan layanan baru untuk masyarakat Solo Raya di bidang pendidikan. Layanan ini berupa Mobil Juara. Mobil Juara dilaunching di Kota Solo, Selasa (4/6) oleh Kepala Dinas DIKPORA Surakarta Ibu Etty Retnowati, SH, MH. di kantor Rumah Zakat Solo, Jln. Kalilarangan No. 39, Surakarta. Acara launching ini juga dimeriahkan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, lomba mewarnai, pentas seni dan story telling.

Acara Launching dimulai pukul 08.00 WIB dimulai dengan tasmi’ QS. Ar Rahman oleh Ananda Muhammad Anshori salah peserta bea siswa tahfidz, sambutan BM RZ Solo, kemudian sambutan Kepala Dinas DIKPORA Solo yang dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penerbangan balon Launching Mobil Juara.

Setelah pelepasan balon, anak-anak PAUD mengikuti lomba mewarnai sementara para orang tua antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah serta menikmati fasilitas Mobil Juara.

Mobil Juara adalah sumber belajar bergerak yang diperuntukan bagi wilayah binaan Rumah Zakat dan umumnya anak-anak Indonesia yang membutuhkan pencerahan dalam dunia pendidikan. Sumber belajar dalam Mobil Juara meliputi buku bacaan, CD edukatif dan perangkat komputer yangterhubung ke internet. Program pembelajaran dirancang untuk mengembangkan seluruh potensi kecerdasan. Program pelayanan pendidikan ini diberikan secara gratis.

Tujuan dari program ini diantaranya untuk mengenalkan cinta membaca sejak dini, memberantas buta aksara bagi masyarakat di daerah tertinggal, bersinergi dengan pegiat sosial untuk mencerdaskan masyarakat, memfasilitasi belajar di luar sekolah, menyebarkan informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai perkembangan usia anak.

Mobil Juara walau belum resmi dilaunching sudah melakukan kunjungan ke Yayasan Lailatul Qodar, Ban Mati,Sukoharjo, para murid dan guru sangat antusias menikmati layanan fasilitasnya. Sudah ada beberapa permintaan untuk mendapat kunjungan mobil juara diantaranya di Ngesrep-Ngemplak-Boyolali, Selokaton-Gondangrejo-Karanganyar, Njantran-Masaran-Sragen, dan Serengan-Surakarta.

Dalam aksinya nanti, Mobil Juara akan melakukan kunjungan rutin sekali dalam sepekan, selama 3 bulan untuk satu titik lokasi. Program yang dilakukan antara lain penyuluhan, membaca buku, story telling, menonton film secara interktif melalui komputer/ tv plasma, bermain dengan berbagai permainan edukatif, belajar menggunakan internet dengan bertanggung jawab, pemberian makanan tambahan, pemberian doorprize dan berbagi hijau/tanaman.

Disampaikan oleh Lisana Widi, Non Formal Education Regional Jatim-Jateng, mobil juara sementara ini baru hadir di tiga kota yaitu Solo, Makasar, dan Jakarta Selatan. Keberadaan Mobil Juara di kota Solo ini diharapkan dapat menjadi nafas baru bagi kemajuan pendidikan di Kota Solo untuk terus mencerdaskan anak negeri.***

Newsroom/Lilik Purwanto
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi