RZ BINA KELOMPOK WANITA TANI SEKAR WANGI DI BANJARNEGARA

RZ LDKO CilegonBANJARNEGARA. Kelompok wanita tani sekar wangi merupakan kelompok pertemuan para ibu yang berada di dusun Sidomulyo, desa Prigi, Banjarnegara, dimana pertemuan ini dilkukan secara rutin setia bulannya. Bulan November lalu, relawan inspirasi bersama RZ mengadakan pembinaan kepada anggota Kelompok Wanita Tani untuk tetap berkelompok dan saling bekerja sama dalam melakukan kegiatan yang positif dan terus meningkatkan hubungan silaturahmi dengan sesama anggota.

Kegiatan pembinaan ini dilakukan bersama kelompk tani setempat. Tema yang diangkat adalah “Praktek Pembuatan Nugget Sayuran dengan Pemanfaatan Lahan Pekarangan” dimana pembinaan dilakukan kegiatan praktek pembuatan nugget sayuran.

“Potensi wilayah di dusun Sidomulyo sangat baik. Pasalnya, warga setempat begitu mendukung dengan kemauan tinggi, semangat dan saling bekerja sama untuk terus memanfaatkan pekarangan halaman rumah untuk menanam sayuran, sehingga hasil dari pemanfaatan pekarangan dibuat sesuatu yang mempunyai nilai jual lebih tinggi dan juga makanan olahan yang bergizi untuk masyarakat,” pungkas relawan inspirasi Banjarnegara, Bayu Setyo Pramudyawardana. (29/11).

Kegiatan yang sudah dilakukan oleh anggota kelompok wanita tani adalah pemanfaatan sampah rumah tangga dengan kegiatan Bank Sampah, serta pembuatan makanan olahan, antara lain criping pisang taro, opak De Plok, dan gula kelapa.

Akan tetapi dalam perjalanan karena minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh anggota kelompok wanita tani, sehingga dalam produksi maupun pemasaran masih sangat sederhana, kedepannya diharapkan dampingan untuk lebih menaikkan daya jual produk dengan pendampingan dan dukungan berupa teknologi, pelatihan serta sarana dan prasarana produksi dan pemasaran yang lebih memadaidari RZ.***

Newsroom/Relawan Inspirasi
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi