RZ LAMPUNG KUNJUNGI PULAU TANPA GURU

GoodLAMPUNG. Dalam memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-54 RZ Lampung ikut serta mendukung Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara (KRN) ke Pulau Tegal, Pesawaran, Lampung. (23/02)

Pelaksanaan kegiatan ini pun menggandeng Rumah Baca Asma Nadia Lampung, 1000 guru, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Lampung.  Adapun rangkaian kegiatan baik di bidang kesehatan maupun non kesehatan yang dilaksanakan di Pulau tegal meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan, senam sehat, berbagi PMT, berbagi buku dan alat tulis, gema bersihati, relawan rz mengajar, dan banyak kegiatan lainnya.

Pulau Tegal, Pesawaran, Lampung merupakan lokasi yang kurang bahkan jarang terjamah baik dari segi kesehatan maupun pendidikan.  Warga disana hanya berjumlah 30 KK, dan jarak antar rumah pun berjauhan.  Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan formal masyarakat harus menyeberangi laut dengan biaya transport yang tidak sedikit.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara door to door dikarenakan letak rumah warga yang berjauhan.  Meskipun jumlah warga tidak banyak, gambaran kondisi kesehatan di daerah tersebut cukup miris dan memprihatinkan. Penyakit yang diderita tidak hanya Communicable Disease (CD) melainkan Non Communicable Disease (NCD).

Hasil dari pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Cita Sehat Foundation, didapat bahwa ada 2 (dua) kategori penyakit yaitu : penyakit Communicable Disease atau penyakit menular yaitu Malaria, Hepatitis A dan penyakit Non Communicable Disease atau penyakit tidak menular yaitu Asam Urat, Hipertensi, Resiko Diabetes Melitus (DM).

“tim Medis RZ Bersama CSF Cab. Lampung mempertimbangkan akan adanya Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari kunjungan ke pulau terpencil ini, apakah itu rencana akan dijadikannya daerah binaan/ICD sehingga adanya kegiatan pemberdayaan yang berkelanjutan ataukah akan support kegiatan di bidang kesehatan di waktu yang akan dijadwalkan rutin.  Solusi dari permasalahan kesehatan di daerah tersebut akan dikomunikasikan oleh pihak-pihak terkait, agar segera ditindaklanjuti” ungkap Yulia Indah Permatasari selaku peserta RZ yang mengikuti Ekspedisi Bhakti Relawan Nusantara.

Newsroom/Yulia Indah Permatasari
Lampung

Tags :
Konfirmasi Donasi