RZ SALURKAN BANTUAN KE DAERAH TERPARAH DAMPAK ERUPSI SINABUNG

RZ LDKO CilegonMEDAN. RZ menyalurkan bantuan ke lokasi pengungsian Desa Guru Kinayun, Kec. Payung, Kab. Karo yang terkena dampak terparah erupsi Gunung Sinabung. Bantuan berupa 75 paket sembako yang terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula dan sarden per paketnya. Letak desa ini hanya berjarak 2 km dari Gunung Sinabung.

“Dari desa ini terdengar jelas gemuruh letusan Gunung Sinabung dan banyak sekali bebatuan besar akibat erupsi. Saat ini desa sangat tidak kondusif untuk ditinggali. Seluruh warganya mengungsi dan aktivitas sosial di sini terhenti,” tutur Andri Murdianto, Kepala Departemen Special Program and Crysis Centre RZ, Jumat (28/11).

Sejak awal Gunung Sinabung Erupsi, RZ secara rutin terus memberikan bantuan kepada para pengungsi, baik berupa kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi. Selain bantuan konsumtif, RZ pun menyalurkan bantuan produktif berupa pelatihan.

“Kami melakukan pemberdayaan kepada para pengungsi berupa keterampilan tangan yang hasilnya dapat dijual. Dalam waktu-waktu tertentu, kami mengadakan sekolah darurat untuk anak-anak usia sekolah. Sekolah darurat merupakan salah satu cara untuk menghadirkan keceriaan, mengalihkan perhatian dan juga untuk menguatkan mental mereka atas bencana yang sedang terjadi,” ujar Andri.

Sebanyak 800 KK di Desa Guru Kinayun telah mengungsi selama 1 tahun 2 bulan. Dan 4000 KK yang tersebar di 10 desa di sekitar kaki Gunung Sinabung pun masih mengungsi. Gunung Sinabung telah erupsi sejak September 2013 dan hingga saat ini masih aktif mengeluarkan material panas saat erupsi.***

Newsroom/Sari A Rahmawati
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi