SAMBUT RAKERNAS VI

Salam

Salam Perubahan

Unik memang Rumah Zakat Indonesia ini, biasaya di sebuah perusahaan tahun kerja itu mempergunakan periode takwim bulan Januari sampai Desember bulan berjalan, atau kalau lembaga amil zakat lain ada yang mempergunakan tahun hijriah dari bulan Muharram sampai Dzulhijjah. Nah uniknya tahun kerja Rumah Zakat Indonesia mengambil periode Mei sampai April. Bukan karena kesengajaan menentukan periode kerja seperti tersebut di atas tapi sejarah yang memaksa untuk menentukan periode tersebut karena dimulainya Rakernas I pada bulan Mei tahun 2001. Sejak Rakernas tersebuat akhirnya terpolakan periode kerja Rumah Zakat Indonesia adalah dari bulan Mei sampai April.

Tak terasa periode kerja Rumah Zakat Indonesia sudah dilalui sampai ke Rakernas V dan menjelang Rakernas VI. Rumah Zakat Indonesia yang berdiri pada bulan Juli 1998 baru menyelenggarakan Rakernas I pada Mei 2001 untuk periode kerja Mei 2001 – April 2002, Rakernas II periode kerja Mei 2002 – April 2003, Rakernas III periode kerja Mei 2003 – April 2004, Rakernas IV periode kerja Mei 2004 – April 2005 dan Rakernas V periode kerja Mei 2005 – April 2006. Sebuah catatan sejarah pergiliran waktu.

Tak terasa pula periode kerja Mei 2005 – April 2006 telah hampir selesai, saatnya untuk tutup buku, mengevaluasi terhadap pencapaian dan strategi strategi yang direncanakan dengan implementasinya di lapangan. Mengevaluasi antara mimpi, cita-cita dan harapan yang dituliskan dan ditetapkan pada Rakernas sebelumnya dengan realisasi sebagai wujud dari pemikiran, kerja keras, ikhtiar yang dilaksanakan selama periode ini. Banyak hal yang perlu kita evaluasi bersama untuk mengikatkan dan menggairahkan kembali spirit untuk mewujudkan visi Rumah Zakat Indonesia ; ?Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang Unggul dan Terpercaya?.

Melihat masa lalu menjadi cermin, pijakan dan starting untuk masa depan. Dalam Rakernas juga ditetapkan pencapaian, target dan strategi yang akan ditetapkan dan diimplementasikan pada periode kerja yang akan datang, apalagi periode kerja yang akan datang akan semakin menarik dan penuh tantangan. Tantangan pertama, karena masa tahun kerja kali ini cukup berbeda, 1 tahun 8 bulan, kenapa? Karena kita akan merubah periode kerja kita menjadi Januari – Desember tahun berjalan sehingga kita akan bertemu Rakernas lagi pada bulan Desember 2007, menantang bukan?

Tantangan yang kedua, kita harus bisa menyelesaikan rencana kerja jangka panjang lima tahun ke-2 kita dengan sukses supaya bisa memasuki rencana jangka panjang 10 tahun ke-2 dengan starting point yang tepat, sebagaimana kita ketahui kita memiliki RJPP sampai 2023 yang dimulai dari RJPP 1998 – 2008, RJPP 2009 – 2019, semakin menantang bukan?

Tantangan yang ketiga, dengan berbagai keunggulan kompetitif yang kita miliki dan tantangan dari perubahan lingkungan kita harus mendorong Rumah Zakat Indonesia untuk mereposisikan dirinya untuk menjadi pemain besar pengelolaan Zakat di tingkat nasional dan internasional. Allahu Akbar

“Bagi saya sangatlah sederhana, jika kamu sedang berfikir, lebih baik berfikirlah yang besar? -Donald Trump, Pimpinan umum organisasi Trump-, dalam Rakernas kita diuji untuk bisa menerjemahkan bahasa-bahasa strategis menjadi bahasa-bahasa yang aplikatif, berfikirlah besar untuk bisa segera merealisasikan rencana rencana kerja kita dengan jurus-jurus yang jitu, kalau bisa dengan 1, 2 atau 3 jurus kenapa kita harus mengeluarkan banyak jurus, kita harus semakin cerdas memformulasikan jurus untuk merealisasikan rencana-rencana kerja kita.

Fungsi manajemen PDCAE (Plan, Do, Check, Action, and Evaluate) sudah menjadi model manajemen yang biasa kita lakukan, tapi bukan berarti karena saking biasanya kita kehilangan ruh dari PDCAE tadi sehingga menjadi sekedar rutinitas. Semangat kerja haruslah keluar dari kesadaran yang dalam sehingga menghasilkan PDCAE yang berkualitas. Saya sampaikan selamat menyambut berakhirnya tahun kerja Mei 2005 -April 2006 dan selamat datang masa kerja Mei 2006 – Desember 2007. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan kepada kita semua, baik selaku amil Rumah Zakat maupun juga untuk para muzzaki kita serta keberkahan dan kemudahan kita doakan pula untuk para mustahik penerima Zakat kita.

Salam

Salam Perubahan ?. Bisa!? Bisa!? Bisa!… Harus Bisa!

-VDE-

Tags :
Konfirmasi Donasi