SD JUARA MEDAN CANANGKAN GERAKAN MEDAN MEMBACA

MEDAN. SD Juara Medan binaan Rumah Zakat yang berada di Jl. Sei Bekala No. 2 Medan Baru menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Rabu (2/5). Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hardiknas kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Sahidan, S.Pd dan dihadiri Wakil Kepala Sekolah, guru dan pegawai serta seluruh siswa serta orang tua murid yang hadir.

Dalam sambutannya selain menyampaikan Sambutan Mendikbud, Kepala Sekolah termuda di Kecamatan Medan Baru sekaligus Ketua MKKS di Medan ini juga menyampaikan amanatnya tentang pentingnya membaca. “Khususnya semangat membaca harus terus ditingkatkan, sebab membaca adalah proses yang sangat penting dalam pendidikan, banyak membaca banyak ilmu, banyak ilmu banyak peluang, banyak peluang banyak uang, banyak uang banyak amal, banyak amal masuk surga,” kata Sahidan saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hardiknas, di Lapangan SD Juara Medan.

Lulusan terbaik Jurusan Pendidikan Geografi UNIMED 2006 ini juga menyatakan selama ini pihaknya Sekolah Juara dan Rumah Zakat melalui Program Senyum Juara telah berupaya keras untuk memperluas akses layanan pendidikan gratis dalam rangka memenuhi hak setiap anak bangsa, khususnya warga kurang mampu. Sampai tahun 2012 Rumah Zakat dengan dukungan donatur yang terus bertambah telah mendirikan 13 Sekolah Juara Gratis, 11 SD Juara dan 2 SMP Juara. Peringatan Hardiknas 2012 ini jadikan momentum oleh SD Juara Medan Binaan Rumah Zakat ini sebagai hari peluncuran gerakan pendidikan yaitu ‘Gerakan Medan Membaca’.

Gerakan yang merupakan ide segar dari guru-guru muda di sekolah ini. Peluncuran gerakan ini ditandai dengan membaca secara massal mulai dari kepala sekolah, guru, pegawai, siswa, orang tua dan masyarakat sekitar. Untuk mendukung peluncuran gerakan ini panitia menyediakan ratusan judul buku dibagi kepada peserta membaca massal. Selain buku, panitia juga membeli harian nasional dan daerah yang terbit di Medan untuk dibagikan dan dibaca pada launching ‘Gerakan Medan Membaca’. Bukan hanya media cetak, panitia juga memperkenalkan situs-situs ilmu pengetahuan dan situs berita terpopuler lokal dan nasional.

Puncak kemeriahan peringatan Hardiknas dan launching ‘Gerakan Medan Membaca’ dirasakan ketika acara story telling dan Games Menjelajah Dunia berlangsung. Perlombaan Story telling yakni kegiatan menceritakan kembali isi bacaan yang dibaca, sedangkan Games Menjelajah Dunia merupakan games yang memadukan kegesitan fisik dan kecerdasan kognitif.

Pertanyaan Games merupakan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah ditambah dengan pengetahuan umum. Peringatan Hardiknas juga dirangkai dengan shalat dhuha bersama dan doa bersama untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga rangkaian kegiatan peringatan Hardiknas di SD Juara Medan Binaan Rumah Zakat ini mampu mendorong Bangkitnya Generasi Emas Indonesia sesuai dengan Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012.***

Newsroom
/Sahidan

Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi