SEPERTI APA GAMBARAN SURGA?

Dalam Alquran dan As Sunnah dijelaskan keadaan dan bentuk dari Surga-surga Allah subhanahu wa ta’ala. Yang mana didalamnya terdapat kenikmatan dan waktu yang tiada batas. Semua itu diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala semata-mata hanya untuk hamba-hamba-Nya yang pantas mendaptakannya.

Dalam buku Ensiklopedia Islam Al Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, disebutkan dan dijelaskan beberapa keadaan dan bentuk di Surga, mulai dari tanah sebagai pijakannya, dan bagunan-bangunan megah penghiasanya.

1. Tanah surga yang berasal dari misik dan batu kerikil dari mutiara. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda,  “Kemudian aku beranjak mendatangi Shidrat Muntaha yang diliputi oleh warna yang tidak kukenal, lalu aku dimasukkan ke surga yang kerikilnya berupa mutiara sedangkan tanahnya dari misik.”(HR. Bukhari dan Muslim)

2. Tenda-tenda bagi para penghuni surga. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam “Sesungguhnya bagi seorang mukmin di surga terdapat kemah terbuat dari satu mutira yang dilubangi, panjang 60 mil, dan bagi seorang mukmin beberapa keluarga yang dikelilinginya, sedangkan satu sama lain tidak dapat melihat.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, terdapat bidadari yang ada di dalam tenda. Firman Allah subhanahu wa ta’ala, “Bidadari-bidadari yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah (tenda).”(QS. Ar Rahman: 72)

3. Pasar surga bagi penghuni surga. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda, “Di Surga ada pasar yang dikunjungi tiap hari Jumat, bertiuplah angin utara menerpa wajah dan pakaian mereka, maka bertambahlah kecantikan dan kemolekkan mereka. Ketika kembali ke keluarga, bertambahlah kecantikan dan kemolekkan mereka sehingga keluarga mereka berkata, ‘Demi Allah, kalian bertambah cantik dan molek setelah ini.’ Mereka pun menjawabb, ‘Demi Allah, kalian pun telab bertambah bagus  dan cantik setelah ini.’”(HR. Muslim)

4. Istana surga yang Allah subhanahu wa ta’ala ciptakan untuk penghuninya, dan di dalamnya terdapat apa yang diinginkan jiwa dan enak dipandang mata.

“Allah menjanjikan kepada orang-orang yang mukmin lelaki dan perempuan, (akan mendapatkan) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga And. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar. Itu adalah keberuntungan yang besar.”(QS. At Taubah: 72)

5. Permadani dan bantalan-bantalan yang Allah ciptakan sebagai sandaran bagi penghuni Surga.“Mereka bersandar pada bantalan-bantalan yang hijau dan permadani yang indah .”(QS. Ar Rahman: 76)

6. Dipan-dipan surga, yaitu kasur-kasur yang bermahkota dan kursi-kursi yang mempunyai bantal sandaran. “Di dalamnya mereka duduk bersandar di atas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang berlebihan.”(QS. Al Insan: 13)

7. Perhiasan  yang Allah berikan kepada penghuni surga.  “Dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.”(QS. Al Kahfi: 31)

8. Pelayan-pelayan surga yang siap melayani. “Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir.”(QS. Al Waqi’ah: 17-18)

9. Makanan dan minuman surga. “Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih. Dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.”(QS. Al Waqi’ah: 20-21). “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur.”(QS. Al Insan: 5)

10. Sungai-sungai surga.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai.”(QS. Al Qamar: 54)

11. Bidadari-bidadari surga.
“Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli, laksana mutiara yang tersimpan baik.”(QS. Al Waqi’ah: 22-23)

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi