Siapa Bilang Zakat Susah ?

Guna mencapai visi lembaga amil zakat yang unggul dan terpercaya, Rumah Zakat Indonesia kini berbenah diri dengan menggandeng perusahaan-perusahaan terkenal untuk menopang oprasional dan layanan yang digulirkannya.

Untuk menunjang sistem keuangan, Rumah Zakat diperkuat Bank Permata Syariah serta jaringan ATM Bersama dari Artajasa. Dalam kesepakatan yang dicapai antara kedua belah pihak, Bank Permata syariah akan menjadi supported bank Rumah Zakat dalam penampungan dana-dana zakat dan kemanusiaan yang digalang. Langkah ini direalisasikan dengan diluncurkannya kartu donatur yang dapat juga berfungsi sebagai kartu ATM bagi semua jaringan ATM Bersama. Dalam nota kesepakatan yang ditandatangani Minggu (2/10) kedua belah pihak sepakat untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi donatur untuk menitipkan zaktanya. “Dengan adanya kartu donatur, transaksi penitipan zakat bisa dengan transfer via ATM, e-banking ataupun mobile banking” papar Virda Dimas Ekaputra, Direktur Marketing dan Jaringan Rumah Zakat.

Artajasa sebagai perusahaan penyedia layanan transaksi elektronis saat ini menghadirkan sistem online payment secara real time online, termasuk bagi pembayaran zakat bagi para donatur Rumah Zakat Indonesia. Hal ini yang melandasi penandatanganan kerjasama antara Rumah Zakat Indonesia dengan Artajasa. Sebagai badan sosial yang melakukan penghimpunan dana zakat, infaq dan shadaqah dari masyarakat di Indonesia tentunya Rumah Zakat memerlukan jaringan yang luas agar dapat menjaring donatur lebih banyak lagi. Semakin banyak donator yang hendak memberikan donasinya tentu semakin banyak outlet colletion yang harus dibuka oleh Rumah Zakat. Akan lebih hemat jika dilarikan melalui sistem online payment, seperti pembayaran via ATM bank.

Disamping itu donatur akan lebih mudah untuk menyalurkan dana bantuannya melalui fasilitas transfer beda bank yang merupakan fitur terbaru dari produk ATM Bersama. Transfer dapat dilakukan secara real time online serta mampu dilakukan secara three partied. Sebagai contoh donatur X merupakan nasabah dari bank A, kemudian donatur akan mentransfer dananya melalui terminal ATM bank B ke nomor rekening bank C.

Rumah Zakat juga menggandeng PT Lintas Arta untuk memperkuat jaringan Teknologi Informasi. Soft ware yang telah dibuat tim IT Rumah Zakat didukung pembangunan fisik jaringan dari Lintasarta. Dengan jaringan informasi berbasis web, saluran informasi baik internal maupun eksternal bisa diakses secara real time. Data dari semua kantor cabang dan perwakilan kini sudah terintergrasi dalam Rumah Zakat Enterprize Resources Planning System (ERP system).

Untuk menampung saran dan masukan dari para donatur, Rumah Zakat Indonesia juga mengeluarlan layanan call center di nomor 0804-155-1555 dan SMS center di nomor 0815-7300-1555. Layanan ini diluncurkan hasil kerjasama Rumah Zakat Indonesia, PT Infomedia, Indosat dan Linuxindo. Diharapkan dengan dibukanya layanan call center arus informasi dari khalayak bisa langsung diserap.

Sampai hari ini, Rumah Zakat Indonesia sudah memiliki 27 kantor cabang dan perwakilan di Jawa dan Sumatra dengan layanan pelayanan kesehatan gratis; ambulance, oprasi katarak, oprasi hernia dan khitanan massal. Semuanya diberikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Layanan lainnya adalah dengan memberikan beasiswa bagi yatim dan dhuafadan pinjaman modal usaha bagi usaha kecil.***

Tags :
Konfirmasi Donasi